BENI GUNAWAN EKIS 4D


PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI MASA KE MASA

Alat yang di gunakan untuk mengelola data berdasarkan aturan buku adalh komputer. perangkat elektronik yang memiliki beberapa komponen yang bekerja sama dan membentuk satu sistem ialah definisi dari komputer. sehingga  sistem komputer dapat menjalankan pelbagai program.
Secara bahasa, komputer berasal dari bahasa Yunani, yaitu computare. Kata computare adalah gabungan dari kata com yang berarti menggabungkan dan putare yang artinya memikirkan perhitungan. Dalam bahasa inggris, computare disebut dengan to compute atau menghitung.

Definisi komputer menurut beberapa ahli. 

1.Robert H , komputer adalah alat yang dapat melakukan tugas untuk menerima input, memproses input, menyimpan, dan membuat output.

2.Elias M. Awad, komputer merupakan alat penghitung yang dapat memproses data yang kemudian disajikan dalam bentuk data. Baik itu data digital maupun data analog.

3.William M. Fuori, komputer adalah alat untuk memproses data yang juga bisa melakukan perhitungan secara cepat.

SEJARAH KOMPUTER DARI GENERASI PERTAMA-SEKARANG

Ø  Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Sejarah komputer generasi pertama yaitu digital elektronik atau bisa di sebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Merupakan salah satu yang digunakan sebagai kebutuhan umum.
Program pada ENIAC, sudah  rancang pada tahun 1942, dan baru mulai di kerjakan pada tahun 1943 oleh John Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan selesai pada tahun 1946.
Bentuk program ENIAC berukuran sangat besar, dalam penempatan program tersebut membutuhkan ruang sebesar 500m2. ENIAC memakai 18.000 tabung hampa udara, serta 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor dan menggunakan 70.000 resistor.
Ketika mulai dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik yang sangat besar yaitu 140 kilowatt. Dengan berat mesin lebih dari 30 ton, dan sangat memakan banyak ruangan 167 m2.
Perangkat lunak komputer yang pertama kali telah dikembangkan yaitu, komputer sebagai desain pesawat dan peluru kendali. Salah satu ilmuwan yang mengerjakan konsep pengembangan tersebut ialah Konrad Zuse, seorang Insinyur berasal dari Jerman.
Pada pertengahan tahun 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung bersama tim University Of Pennysylvania. Dalam proses membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik dalam merakit komputer.
Von Neumann mendesain EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer)  pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik semacam ini, memungkinkan pembuatan komputer agar berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.
Peran utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral CPU (Central processor unit), yang mampu semua fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Ciri-ciri  komputer generasi pertama adalah CPU.
Sejarah komputer generasi 1 memiliki ciri khusus, yaitu instruksi dalam mengoperasikan dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai program seperti kode-biner.
Masing-masing yang berbeda disebut dengan Machine Language (Bahasa Mesin). Hal ini menyebabkan program komputer sulit untuk diprogramkan dan membatasi kecepatannya.
Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama Adalah:
  1. Ukuran fisik hardware komputer lebih besar, memerlukan ruang yang luas.
  2. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
  3. Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
  4. Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
  5. Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
  6. Membutuhkan daya listrik yang besar.
  7. Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
  8. Daya simpannya kecil.
  9. Prosesnya kurang cepat.
  10. Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
  11. Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar.
Ø  Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
      Perubahan dalam Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua. Yaiut transistor, alat canggih yang mampu maksimalkan kinerja komputer hanya dengan ukuran yang sangat kecil.
Penemuan alat ini, mampu mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua, dengan cepat. Pada 1959-1960an, para ilmuwan memulai menggarap komputer generasi kedua.
Beberapa diantara intansi, perusahaan, universitas, dan pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Maksud dari penemuan komputer generasi 2 ini adalah transistor, yang mampu membuat sejarah komputer generasi kedua, berukuran lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
Mesin pertama yang menggunakan teknologi terbaru ini adalah super komputer. IBM telah membuat super komputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand dan membuat komputer bernama LARC.
Sejarah komputer yang dikembangkan di laboratorium energi atom, dapat mengatasi sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh para peneliti atom.
Harga mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks, sebagai kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membuat keterbatasan dalam kepopulerannya. Hanya ada dua LARC telah dipasang dan digunakan, satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
Komputer generasi kedua telah menggantikan posisi bahasa mesin dengan bahasa assembly. Dan Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singakatan sebagai pengganti kode biner.
Pada awal 1960an, mulai bermunculan sejarah komputer generasi yang kedua yang telah sukses meluncur di bidang bisnis, pada universitas dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini komputer yang sepenuhnya telah menggunakan Transistor.
Mereka juga mempunyai komponen yang dapat digabungkan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, dan program.
Contoh penting komputer pada masa ini yaitu jenis IBM 1401 yang telah diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua dalam memproses informasi keuangan bisnis.
Program yang telah dijalankan tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.
Komputer digital yang pertama memiliki ukuran bentuk yang sangat besar, serta biaya yang tinggi untuk membuatnya. fungsi komputer Generasi dua ini  hanya digunakan sebagai perhitungan ilmiah.
Sejarah Komputer pada generasi kedua  memiliki tempat sistem penyimpanan sendiri. Yaitu, Kapasitas memori utama di dapat dari. Magnetic Core Storage dan menggunakan tempat simpanan luar, yang berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
Transistor dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih mudah dan efisien, sebagai switch dan dapat lebih diperkecil ke skala mikroskopik.

Ciri-ciri Komputer Generasi Kedua Adalah:
  1. Sudah menggunakan operasi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan FORTRAN.
  2. Kapasitas memori utama telah dikembangkan dari  Magnetic Core Storage.
  3. Memakai simpanan dari luar yang berupa magnetic tape dan magnetic disk.
  4. Kemapuan dalam melakukan proses real-time dan real-sharing.
  5. Ukuran fisiknya sudah lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
  6. Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
  7. Kebutuhan terhadap daya listrik lebih kecil.
  8. Orientasinya penggunaan program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah pada aplikasi teknik.

Ø  Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
     Komputer generasi ketiga tahap perkembangan sangat pesat dari  komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul di era 1964-1970an.
Dalam penggunaanya, transistor membuat kinerja komputer lebih cepat panas. Sehingga, membuat komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. setelah itu seorang ilmuwan bernama Jack Billy, mencoba kembali melakukan penelitian.
di tahun 1958, dia telah menciptakan komponen yang lebih canggih lagi, dibandingkan dengan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Penemuannya Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu.
Pada generasi ketiga inilah sejarah komputer teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi salah satu ciri utama. Karena mulai familiar dan banyak digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang.
IC dibuat pertama kali oleh seorang bernama, Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang berisi hanya enam transistor saja. Bisa kita coba bandingkan dengan prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor.
Bahkan telah didesain prosesor yang memiliki miliaran transistor. Dari sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:
  1. Penggunaan listrik lebih hemat.
  2. Peningkatan dari sisi software.
  3. Harganya semakin murah.
  4. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
  5. Karena telah menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih tepat dan cepat.
  6. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  7. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
  8. Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
  9. Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
  10. Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.

Ø  Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)
Komputer generasi keempat adalah regenerasi dari generasi ke 3,bedanya hanya pada IC pada komputer generasi 4 lebih kompleks dan terintegrasi dibandingkan dengan generasi ketiga.
Pada generasi keempat, komputer sudah mulai menggunakan chip IC, kemudian baru mulai dikembangkan lagi. Oleh perusahaan Very Large Scale Integration. Untuk mencoba mengerjakan pengembangan tersebut sejak tahun 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal mampu menampung ribuan komponen.
di tahun 1970 muncul dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi 4. yang Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang bisa disebut dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration.
LSI merupakan sekumpulan pemadatan beribu-ribu IC, lalu dijadikan satu  keping IC yang bisa kita sebut dengan nama chip. Istilah penyebutan chip digunakan dalam menunjukkan suatu lempengan yang berbentuk, persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC.
LSI kemudian dapat dikembangkan lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat menampung puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu IC.
selanjutnya  dikembangkan lagi menjadi komputer mikro, yang menggunakan semikonduktor dan mikroprosesor yang berbentuk chip. Sebagai memori komputer internal sementara, sedangkan generasi sebelumnya hanya menggunakan magnetic core storage.
Perusahaan Intel dari mulai tahun 1971 telah memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang sudah menggunakan chip prosesor dengan sebutan 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi hingga 60.000 operasi per detik.
Dilanjutkan lagi pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer dengan nama 8008 yang mampu memproses 8 bit informasi hanya pada satu waktu. Selanjutnya dilanjut dengan mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan yang merupakan prosesor sebagai tujuan umum pertama yang berhasil dikembangkan.
Jika sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang hanya sebagai kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kinerja kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan lebih dalam pengalamatan yang lebih besar.
Sejarah komputer pada generasi keempat memiliki tampilan monitor, masih menggunakan satu warna (green color).
Komputer- komputer generasi keempat diantaranya adalah Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan IBM 370, Apple I dan Altair yang sudah menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).
Ciri-ciri komputer generasi keempat Adalah:
  1. Menggunakan LSI (Large Scale Integration).
  2. Dikembangkan komputer mikro yang sudah menggunakan semiconductor dan micro processor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
  3. Komputer generasi keempat diantaranya adalah : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II


Ø  Komputer Generasi Kelima (Sekarang)
Komputer generasi kelima yaitu pada saat sekarang ini, tengah banyak sekali dilakukan pengembangan oleh berbagai vendor elektronik. Komputer generasi kelima sering disebut dengan komputer generasi masa depan.
Pada perkembangan selanjutnya akan ada bayak perubahan besar terjadi, bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan satu-satunya manufaktur PC-compatible.
Maka standar baru dalam dunia industri PC, akan lebih banyak di terapkan dan lebih dikembangkan oleh perusahaan lain. Seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W.Bill Gates yang saat ini telah menjadi pionir standar hardware dan software dunia.
Beberapa bukti diantaranya adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi, penemuan-penemuan terbaru pada saat ini yang bisa kita temui.
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima merupakan komputer, yang kita gunakan pada sekarang ini. Generasi ini ditandai munculnya. LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor di dalam sebuah microprocesor pada saat ini.
Selain itu, juga ditandai dengan munculnya semi conductor dan microprocessor.
Perusahaan yang telah membuat micro-processor di antaranya ialah perusahaan Intel Corporation, Zilog, Motorola, dan lainnya masih banyak lagi. Di pasaran dapat kita temui dengan mudah, dengan adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 80386, 8088, 80286, 80486, dan Pentium.
Pentium empat merupakan keluaran produksi terbaru dari perusahaan Intel Corporation yang diharapkan kedepanya dapat menutupi kekurangan dan segala kelemahan yang ada. Pada produk sebelumnya. selain itu, kemampuan serta kecepatan yang telah dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz.
Pada tahun 2001 Intel telah berhasil meluncurkan prosesor Itanium, merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama dari produk intel.
Itanium adalah prosesor pertama yang dimiliki Intel dengan instruksi 64 bit dan akan mengelurkan satu generasi terbaru mulai dari sistem operasi dan aplikasi, sementara itu produk intel masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit.
Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer mampu beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Pada saat sekarang ini komputer yang digunakan kebanyakan masih sering menggunakan yang berbasis 32 bit.
Pada generasi pentium, selain ciri khasus yang dimiliki dari peningkatan kinerja kecepatan akses datanya dan juga tampilan gambar sudah memiliki resolusi (kualitas gambar) sudah bagus dan berwarna serta multimedia juga mendukung, dan yang lebih penting lagi adalah fungsi komponen komputer menjadi lebih cerdas.
Meskipun komputer pada generasi saat ini, dengan ukuran fisik menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin pintar dan canggih dalam pengoprasiaya.
Pada generasi kelima ini, sudah dilakukan upaya pengembangan yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang dapat menggantikan chip. Yang dapat mempunyai kinerja kemampuan memproses trilyunan pengoperasi perdetik, sementara teknologi chip hanya bisa memproses miliaran operasi dalam perdetik.
Komputer pada generasi kelima akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat secara langsung berbicara dengan komputer serta adanya kemampuan dalam penghematan energi komputer.
Sifat yang luar biasa dapat disebut dengan “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis GUI (Graphic User Interface), multikomunikasi dan multimedia.
Contoh-contoh komputer yang telah lahir pada generasi kelima, yang sudah berbasis x86, seperti chip 286 yang telah diperkenalkan tahun 1982 dengan 134.000 transistor, selanjutnya chip 386 tahun 1983 dengan 275.000 transistor, kemudian chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang mempunyai 1,2 juta transistor.
Selanjutnya pada tahun 1993 Intel mulai mengenalkan keluarga dari prosesor 586 yang disebut dengan Pentium 1 serta jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Selanjutnya Kemudian dilanjutkan kepada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.
Gambar-gambar yang ditampilkan pada generasi ini menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses kinerja, dan dalam mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Dengan teknologi komputer yang ada pada saat ini, akan sulit untuk dibayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada pada saat ini saja, kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia” karena kecanggihan yang dimiliki.
Dari sisi teknologi dari beberapa ilmuan komputer dunia, memiliki keyakinan bahwa suatu saat akan tercipta, apa yang disebut dengan biochip, yang terbuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan seperti ini nantinya akan menjadi seperti manusia tiruan.
Sedangkan teknologi yang sedang dalam proses penelitian saat ini yaitu mikrooptik, serta input-output audio yang dapat digunakan kepada generasi komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer pada sekarang sedang memulai dalam mencoba merakit komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.
Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan dikembangkan pada masa yang akan datang.
Ciri-ciri komputer generasi kelima Adalah:
  1. Masih menggunakan teknologi LSI, yang tentu saja memiliki banyak pengembangan
  2. Fitur-fitur yang semakin banyak
  3. Pemrosesan informasi yang jauh lebih cepat

PENGENALAN HARDWARE, SOFTWARE BRAINWARE

1. Hardware
Hardware dalam bahasa indonesia disebut perangkat keras adalah salah satu dari ketiga komponen utama pembangun sistem komputer yang berwujud atau alatnya yang dapat kita lihat dan dipegang. Hardware mempunyai fungsi untuk  mendukung proses komputerisasi. Contoh hardisk yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari seperti Monitor, Speaker, Keyboard, Mouse dan masih banyak lagi.
Hardware terdiri dari 3 jenis, yaitu
§  Input Device ( Perangkat Masukan ) : Berfungsi untuk memasukan data baik berupa gambar, teks, video, ke dalam komputer. Contoh dari Input Device yang sering kita jumpai : Keyboard, Webcam, Mouse, scanner dan lain sebagainya
§  Processor ( Perangkat Pengolah Data ) : Berfungsi untuk mengolah data yang diperoleh dari input device, setelah itu diproses dan diteruskan kepada output device. Contoh dari Perangkat pengolah Data : CPU ( Central Unit Processor ) dan Microprocessor.
§  Output Device ( Perangkat Keluaran ) : Berfungsi untuk mengeluarkan dan menghasilkan data yang telah dimasukan dengan Input Device. Contoh dari Output Device yang sering kita jumpai : Monitor, Speaker, dan Printer.
INI ADALAH CINTOH Hardware yang sering kita jumpai sehari-hari :
2. Software
Software dalam   bahasa indonesia di sebut juga Perangkat lunak berfungsi untuk memproses data atau perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan berbagai perintah. Selain itu software dibagi menjadi beberapa jenis, sebagai berikut :
§  Sistem operasi : Perangkat lunak yang berfungsi mengorganisasikan semua komponen mesin komputer. contoh dari sistem operasi ialah microsoft windows, macintosh, linux, dan unix.
§  Program aplikasi : Suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada suatu bidang. Contoh dari program aplikasi ialah MS.Word, MS. Excel, MS. Power point dan masih banyak lainnya.
§  Utillity atau program bantu : Suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi. contoh dari utillity ialah : Google Chrome, Mozilla Firefox, Winamp, Anti Virus dan lain-lain.
§  Bahasa Pemrograman : Atau lebih dikenal juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar yang berfungsi untuk memerintah komputer. contoh bahasa pemrograman : Java Script, PHP, Visual Basic, Pascal, dan masih banyak lagi.

ini adalah software atau perangkat lunak yang sering kita temui :
Software
3. Brainware
Brainware adalah semua orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. atau bisa disebut juga orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka komputer tidak akan dapat dijalankan.
Brainware dibagi menjadi beberapa macam :
§  Operator : Orang yang tugasnya melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan lain-lain.
§  Programmer : Orang yang menguasai bahasa pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
§  Administrator : Orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. dan Masih banyak lagi.

FUNGSI TOMBOL PADA KEYBOARD


Ctrl + A : Select All
Ctrl + B : Bold
Ctrl + C : Copy
Ctrl + D : Font
Ctrl + E : Center Alignment
Ctrl + F : Find
Ctrl + G : Go To
Ctrl + H : Replace
Ctrl + I : Italic
Ctrl + J : Justify Alignment
Ctrl + K : Insert Hyperlink
Ctrl + L : Left Alignment
Ctrl + M : Incrase Indent
Ctrl + N : New
Ctrl + O : Open
Ctrl + P : Print
Ctrl + Q : Normal Style
Ctrl + R : Right Alignment
Ctrl + S : Save / Save As
Ctrl + T : Hanging Indent
Ctrl + U : Underline
Ctrl + V : Paste
Ctrl + W : Close
Ctrl + X : Cut
Ctrl + Y : Redo
Ctrl + Z : Undo
Ctrl + 1 : Single Spacing
Ctrl + 2 : Double Spacing
Ctrl + 5 : 1,5 lines
Ctrl + Esc : Start Menu
F1 : Menjalankan fungsi pertolongan yang disediakan pada Word
F2 : Megubah nama suatu file/folder
F3 : Menjalankan perintah AutoText
F4 : Mengulangi perintah sebelumnya
F5 : Menjalankan perintah Find and Replace atau Goto
F6 : Menjalankan Perintah Other Pane
F7 : Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teks (spelling)
F8 : Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek
F9 : Mengupdate Field (Mail Merge)
F10 : Mengaktifkan Menu
F11 : Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)
F12 : Mengaktifkan dialog Save As
Esc : Membatalkan dialog / perintah
Enter : Melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragraf
Tab : Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler horizontal
Windows : Mengktifkan Menu Start
Shortcut : Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor
Delete : Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor
Backspace : Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor
Insert : Menyisip karakter di posisi kursor
Home : Memindahkan posisi kursor ke awal baris
End : Memindahkan posisi kursor ke akhir baris
Page Up : Menggulung layar ke atas
Page Down : Menggulung layar ke bawah
Up : Memindahkan kursor 1 baris ke atas
Down : Memindahkan kursor 1 baris ke bawah
Left : Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri
Right : Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan
Num Lock On : Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif
Num Lock Off : Fungsi tombol navigasi aktif
Shift + F10 : Membuka menu pintas, sama seperti mengklik kanan
Alt : Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain hanya
berfungsi untuk mengaktifkan atau memulai penggunaan menu bar
Shift + Delete : Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item
dalam Recycle Bin
Ctrl + Right Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal kata berikutnya
Ctrl + Left Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal kata sebelumnya
Ctrl + Down Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf berikutnya
Ctrl + Up Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf sebelumnya
Alt + F4 : Menutup item aktif, atau keluar dari program aktif
Alt + Enter : Menampilkan properti dari objek yang dipilih
Alt + Spacebar : Buka menu shortcut untuk jendela aktif
Ctrl + F4 : Close dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda
untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan
Alt + Tab : Switch antara item yang terbuka
Alt + Esc : Cycle melalui item dalam urutan yang telah dibuka
Ctrl + Shift + Tab : Bergerak mundur melalui tab
Shift + Tab : Bergerak mundur melalui pilihan
Versi 2 :
• CTRL + C (Copy)
• CTRL+X (Cut)
• CTRL+V (Paste)
• CTRL+Z (Undo)
• DELETE (Hapus)
• SHIFT+DELETE (Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item dalam Recycle Bin)
• CTRL sambil menyeret (men-drag) sebuah item (Menyalin item yang dipilih)
• CTRL + SHIFT sambil menyeret item (Buat cara pintas ke item yang dipilih)
• Tombol F2 (Ubah nama item yang dipilih)
• CTRL + RIGHT ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal kata berikutnya)
• CTRL + LEFT ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal kata sebelumnya)
• CTRL + DOWN ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal paragraf berikutnya)
• CTRL + UP ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal paragraf sebelumnya)
• CTRL + SHIFT dengan salah satu ARROW KEY (Sorot blok teks)
• SHIFT dengan salah satu ARROW KEY (Pilih lebih dari satu item dalam sebuah jendela atau pada desktop, atau pilih teks dalam dokumen)
• CTRL + A (Pilih semua)
• Tombol F3 (Mencari sebuah file atau folder)
• ALT + ENTER (Melihat properti untuk item yang dipilih)
• ALT + F4 (Menutup item aktif, atau keluar dari program aktif)
• ALT + ENTER (Menampilkan properti dari objek yang dipilih)
• ALT + SPACEBAR (Buka menu shortcut untuk jendela aktif)
• CTRL + F4 (Menutup dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan



PENGENALAN MICROSOFT OFFICE WORD 2010 MENU DAN FUNGSI MENU MS WORD 2010


Tab Home

Tab Home terdiri dari lima yaitu
1.      Clipboard
Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Ø      Paste                   : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Ø      Cut                      : untuk memotong teks/objek terpilih.
Ø      Copy                   : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Ø      Format Painter     : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
Ø   Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.

2.      Font
Menu-menu di Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari:
Ø      Font                             : untuk memilih jenis huruf.
Ø      Font Size                      : untuk mengatur ukuran huruf.
Ø      Grow Font                   : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan.
Ø      Shrink Font                  : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan.
Ø      Change Case                : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil.
Ø      Clear Formatting           : untuk menghapus pemformatan teks terpilih.
Ø      Bold                             : untuk menebalkan teks terpilih.
Ø      Italic                             : untuk memiringkan Teks terpilih.
Ø      Underline                      : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih.
Ø      Strikethrough                : memberikan tanda coret pada teks terpilih.
Ø      Subscript                      : untuk mengetik karakter di bawah garis.
Ø      Superscript                   : untuk mengetik karakter pemangkatan.
Ø      Text Effect                    : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih.
Ø      Text Highlight Color      : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih.
Ø      Font Color                   : untuk mengatur warna teks terpilih.

3.      Paragraph
Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. Perintah-perintah di Paragraph yaitu:
Ø      Bullets                              : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih.
Ø      Numbering                       : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih.
Ø      Decrease Indent               : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri.
Ø      Increase Indent                 : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan.
Ø      Left-to-Right                    : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin).
Ø      Right-to-Left                    : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab).
Ø      Sort                                  : untuk menyortir data.
Ø      Show Paragraph Marks    : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf.
Ø      Align Text Left                  : untuk mengatur teks rata kiri.
Ø      Center                              : untuk mengatur teks rata tengah.
Ø      Align Text Right                : untuk mengatur teks rata kanan.
Ø      Justify                               : untuk mengatur teks rata kanan-kiri.
Ø      Line Spacing                     : untuk mengatur jarak antar baris teks.
Ø      Shading                            : untuk mengatur warna latar teks terpilih.
Ø      Border                             : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

4.        Styles
Styles terdiri dari dua menu yaitu:
Ø   Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih.
Ø   Change Styles               : berisi pilihan pengaturan tema paragraph.

5.        Editing
Secara umum Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. Fungsinya adalah:
Ø   Find          : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file.
Ø   Replace  : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file.
Ø   Select       : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file.

Tab Insert
Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, shape, dan karakter spesial (symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum perintah yang terdapat di Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah :

1.        Pages
Fungsi-fungsi icon pada Pages :
Ø        Cover Page : digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
Ø        Blank Page : untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen.
Ø        Break Page : untuk memisah suatu halaman file dokumen.

2.        Tables
Fungsi-fungsi icon pada Tables :
Ø        Insert Table                   : untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table.
Ø        Draw Table                   : untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen.
Ø        Convert Text to Table    : digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
Ø        Excel Spreadsheet         : untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel.
Ø        Quick Tables                : untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010.

3.        Illustration
Fungsi-fungsi icon pada Illustration :
Ø        Picture                : digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer.
Ø        Clip Art              : untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program.
Ø        Shapes               : digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape.
Ø        SmartArt            : digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization.
Ø        Chart                  : digunakan untuk menyisipkan diagram.
Ø        Screenshot         : digunakan untuk mengambil gambar dari hasil print screen.

4.        Links
Fungsi-fungsi icon pada Links :
Ø        Hyperlink                : digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain.
Ø        Bookmark               : digunakan membuat penanda buku.
Ø        Cross-Reference     : digunakan untuk membuat referensi antar file.

5.        Header & Footer
Fungsi-fungsi icon pada Header & Footer :
Ø        Header            : digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file.
Ø        Footer             : digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file.
Ø        Page Number   : digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman.

6.        Text
Fungsi-fungsi icon pada Text :
Ø        Text Box            : digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks.
Ø        Quick Parts        : digunakan untuk mengatur teks otomatis dll.
Ø        WordArt            : digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik.
Ø        Drop Cap           : digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf.
Ø        Signature Line     : digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital.
Ø        Date & Time      : digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini.
Ø        Object     : digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded).

7.        Symbols
Fungsi-fungsi icon pada Symbols :
Ø        Equation       : digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Ø        Symbol            : digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.

Tab Page Layout

Tab Page Layout ini digunakan untuk mensetting halaman dari lembar kerja tersebut. Tab Page Layout terdiri dari :
1.        Themes
Fungsi-fungsi icon pada Themes :
Ø        Themes          : digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
Ø        Color              : digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
Ø        Fonts          : digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
Ø        Effect          : digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.

2.        Page Setup
Fungsi-fungsi icon pada Page Setup :
Ø        Margins           : digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
Ø        Orientation       : digunakan untuk mengatur posisi kertas.
Ø        Size                 : digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
Ø        Columns          : digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
Ø        Breaks             : digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
Ø        Line Numbers : digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
Ø        Hypenation      : digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.

3.        Page Background
Fungsi-fungsi icon pada Page Background :
Ø        Watermark      : digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
Ø        Page Color      : digunakan untuk mengatur warna latar halaman.
Ø        Page Borders   : digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.

4.        Paragraph
Fungsi-fungsi icon pada Paragraph :
Ø        Indent              : digunakan untuk mengatur batas teks.
Ø        Spacing            : digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.

5.        Arrange
Fungsi-fungsi icon pada Arrange :
Ø        Position                   : digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman.
Ø        Wrap text               : digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks.
Ø        Bring Forward         : digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya.
Ø        Send Backward      : digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya.
Ø        Selection Pane         : menampilkan panel navigasi objek.
Ø        Align                       : digunakan untuk mengatur posisi objek lepas.
Ø        Group                     : digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup.
Ø        Rotate                     : digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih.


Tab Reference

Tab Reference terdiri dari 6 :
1.        Table of Contens
Icon perintah yang terdapat pada Table of Contens terdiri dari 3 icon :
Ø        Table of Contens       : digunakan untuk pengelolaan daftar isi.
Ø        Add Text                   : digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
Ø        Update Table            : digunakan untuk memperbarui daftar isi.

2.        Footnotes
Fungsi-fungsi icon pada Footnotes :
Ø        Insert Footnote          : digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer).
Ø        Insert Endnote           : digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab.
Ø        Next Footnote           : digunakan untuk memantau footnote dan endnote.
Ø        Show Notes              : digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote.

3.        Citations & Bibliography
Citation & Bibliography digunakan untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka.
Citation & Bibliography terdiri dari 4 icon perintah :
Ø        Insert Citation       : digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
Ø        Manage Source: digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.
Ø        Style                     : berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan.
Ø        Bibliography         : digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif.

4.        Captions
Captions secara umum digunakan untuk menyisipkan keterangan mengenai gambar atau ilustrasi yang terdapat dalam dokumen. Terdiri dari 4 icon perintah :
1.    Ø        Insert Caption            : digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan.
Ø        Insert Table of Figures  : digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen.
Ø        Update Table                 : digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar.
Ø        Cross-reference             : berfungsi untuk menyisipkan referensi silang.

5.        Index
Index secara umum berfungsi untuk pengelolaan daftar kata yang dibahas di buku. Group ini terdiri dari 3 icon perintah :
Ø        Mark Entry                       : digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
Ø        Insert Index                      : digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen.
Ø        Update Index                   : digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini.

Tab Mailings

Tab Mailings terdiri dari :
1.        Create
Fungsi-fungsi icon pada Create :
Ø      Envelopes         : untuk membungkus kertas atau surat.
Ø      Labels              : untuk memberikan label dalam penulisan surat.

2.        Start Mail Merge
Fungsi-fungsi icon pada Start Mail Merge :
Ø        Start Mail Marge              : untuk pemilihan bentuk surat yang harus di tulis.
Ø        Select Recipients              : untuk memilih tipe-tipe surat surat yang akan diterima.
Ø        Edit Recipients List           : untuk mengedit surat yang akan diterima orang atau yang akan di kirim.

3.        Write & Insert Fields
Fungsi-fungsi icon pada Write & Insert Fields :
Ø        Highlight Merge Fields      : untuk menggabungkan surat yang diterima dan yang dikirim.
Ø        Address Block                 : untuk pemilihan alamat surat.
Ø        Greeting Line                    : untuk menyisipkan.
Ø        Insert Marge Fields           : untuk menyisipkan dan menggabungkan surat.
Ø        Write & Insert Fields        : untuk menyisipkan dan menulis surat.
Ø        Rules                                : untuk memberikan garis dalam surat.
Ø        Match Fields                    : membandingkan surat.
Ø        Update Labels                  : untuk memperbaharui label surat.

4.        Priview Result
Fungsi-fungsi icon pada Priview Result :
Ø        Preview Results                : untuk melihat atau mengulah surat yang sudah selesai dibuat.
Ø        Find Recipient                  : untuk mendapatkan atau memeskan orang yang menerima surat.
Ø        Auto Check for Errors      : untuk ngecek apa ada kesalahan dalam surat kita.

5.        Finish
Fungsi-fungsi icon pada Finish :
Ø        Finish & Merge                : untuk menyelesaikan dan menggabungkan.
Ø        Finish                               : untuk menyelesaikan surat.


Tab Review

 Tab Review terdiri dari :
1.        Proofing
Fungsi-fungsi icon pada Proofing :
Ø        Spelling & Grammar    : menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen.
Ø        Research                        : untuk mengetahui data pengulangan.
Ø        Thesaurus                       : untuk mengecek ulang pembendaharaan.
Ø        Word Count              : memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata,  karakter, paragraf, dan baris.

2.        Language
Fungsi-fungsi icon pada Language :
Ø        Translate          : untuk menterjemahkan atau mentranslit data.
Ø        Language         : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa.

3.        Comments
Fungsi-fungsi icon pada Comments :
Ø        New Comment           : untuk membuka lembar baru pada menyisipkan komentar.
Ø        Delete                        : untuk menghapus data.
Ø        Previous                     : untuk melihat ulang data yang lebih dahulu.
Ø        Next                          : untuk melanjutkan kerja.

4.        Grup Tracking
Fungsi-fungsi icon pada Tracking :
Ø        Track Changes               : menandai teks yang baru diubah sisinya.
Ø        Final: Show Markup       : untuk menampilkan tanda finising atau selesai.
Ø        Show Markup                : untuk menampilkan tanda atau menandai tampilan.
Ø        Reviewing Pane              : untuk mengecek ulang tulisan.

5.        Grup Changes
Fungsi-fungsi icon pada Changes :
Ø          Accept             : untuk mengulang atau mengecek sapa yang menerima.
Ø          Reject              : untuk mengulang atau melihat data apa yang telah di buang.
Ø          Previous           : untuk melihat ulang data yang lebih dahulu.
Ø          Next                : untuk melanjutkan ke hal yang berikutnya.

6.        Compare
Fungsi-fungsi icon pada Compare :
Ø      Compare          : untuk mengecek perbandingan atau untuk membandingkan data.

7.        Protect
Fungsi-fungsi icon pada Protect :
Ø          Block Authors         : untuk pengulangan sapa yang Pemilihan penulis buku.
Ø          Restrict Editing        : untuk mengedit lah yang terbatas.

Tab view

Tab View terdiri dari :
1.        Documant Views
Fungsi-fungsi icon pada Views :
Ø        Print Layout                 : mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view.
Ø        Full Screen Reading     : menampilkan dokumen dalam satu layar penuh.
Ø        Web Layout                : mengubah tampilan layar dalam bentuk web view.
Ø        Document Views         : menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar.
Ø        Outline                         : mengubah tampilan layar ke bentuk outline view.
Ø        Draft                            : untuk menulis surat perintah.

2.        Show
Fungsi-fungsi icon pada Show :
Ø        Ruler                           : menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur.
Ø        Gridlines                      : untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja.
Ø        Navigation Pane           : untuk mengetahui atau menjelajahi dunia tulisan.

3.        Zoom
Fungsi-fungsi icon pada Zoom :
Ø        Zoom                   : menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar.
Ø        100%                   : merubah tampilan lembar kerja di windows menjadi 100%.
Ø        One Page             : untuk membuka satu halaman.
Ø        Two Page             : untuk membuka dua halaman.
Ø        Page Width           : untuk mengetahui ukuran halaman.

4.        Window
Fungsi-fungsi icon pada Windows :
Ø          New Window                   : untuk membuka jendela baru.
Ø          Arrange All                  : mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen.
Ø          Split                                 : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan.
Ø          View Side by Side            : untuk melihat data yang telah disembunyikan.
Ø          Synchronous Scrolling       : untuk mengatur jarak antar baris.
Ø          Switch Windows              : untuk membuat beberapa jendela.

5.        Macros
Fungsi-fungsi icon pada Macros :
Ø          Macros          : untuk membuat tulisan jadi tiga kolom pada satu halaman.




LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT MULTILEVEL LIST


a. Terlebih dahulu blok semua paragraf.
b. Kemudian klik Multilevel List yang ada pada grup paragraph di menu Home.
c. Lalu klik kotak ke-6 pada List Library.
d. Setelah itu klik Define New Multilevel List.
e. Kemudian atur Enter Formating For Number (1), Number Style For This Level (1,2,3…), Number Alignment: Left, Text Indent: 1
f. Dan yang terakhir klik OK


TEKNIK DAN PANDUAN MEMBUAT KUTIPAN DENGAN CITATION DAN DAFTAR PUSTAKA DENGAN BIBLIOGRAFY

Catatan: Membuat kutipan akan sekaligus menambah data untuk sumber yang akan muncul di daftar pustaka (bibliografi).


  1. Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik tanda panah pada Style
  2. Pilih gaya penulisan, misalnya APA atau MLA.
  3. Klik pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan kutipan.
  4. Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik Insert Citation.
  5. Klik Add New Source untuk membuka kotak dialog Create Source.
  6. Pada Type of source, pilih tipe sumber. Misalnya Book, Journal Article, Web site dan sebagainya. Perhatikan kotak isian akan berubah sesuai tipe sumber yang dipilih.
  7. Ketik informasi yang diperlukan pada kotak isian. Perhatikan contoh yang muncul di bagian bawah kotak dialog
  8. Pada beberapa bagian seperti Author akan muncul tombol Edit. Klik tombol ini untuk mempermudah menulis nama dan mengatur urutannya.
  9. Centang kotak Show All Bibliography Fields untuk menambah data lain.
  10. Klik OK bila sudah selesai.
  11. Pada dokumen sekarang sudah muncul kutipan yang dibuat. Bila Anda hanya ingin membuat daftar sumber untuk digunakan belakangan, hapus kutipan tersebut pada dokumen.

CARA MEMBUAT DATAR PUSTAKA DENGAN BLIBIOGRAFY


Sebelum membuat daftar pustaka (bibliografi), kita harus memiliki sumber (kutipan) terlebih dahulu (minimal 1).

  1. Klik pada bagian halaman dokumen untuk membuat daftar pustaka (bibliografi). Bila perlu gunakan Section Break untuk membuatnya di section yang baru.
  2. Pada References tab, in the Citations & Bibliography group, klik Bibliography
  3. Klik pada Bibliography yang tersedia untuk menyisipkannya pada dokumen.
  4. Klik pada daftar pustaka (bibliografi) untuk memberi format yang diinginkan (mengubah tipe dan ukuran font, warna dan sebagainya).
  5. Bila ada perubahan data, klik pada daftar pustaka (bibliografi) sehingga muncul tampilan seperti pada gambar berikut.
  6. Klik Update Citations and Bibliography.

MEMBUAT DAN MEMODIFIKASI TABLE SERTA MENGGUNAKAN RUMUS SEDERHANA MS WORD 2010


Tabel adalah kumpulan dari beberapa baris dan kolom yang membentuk kotak-kotak. tabel biasanya digunakan untuk membuat daftar atau list dari sebuah barang atau nama. Pada tutorial microsoft word kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat tabel pada microsoft office word. Membuat tabel pada microsoft word memang terbilang mudah, kita tinggal menentukan jumlah baris dan kolom sehingga terbentuk kotak-kotak yang akan kita isi. Untuk membuat tabel pada microsoft word ikuti langkah-langkah berikut:
1.    Buka program microsoft office word
2.    Setelah aplikasi sudah terbuka dan sudah muncul lembar kerja microsoft word
3.    Klik Insert pada menu bar
4.    Pada kolom tables klik anak panah kebawah.
5.    Anda bisa memilih jumlah kolom dan baris yang diinginkan dengan mengeklik kotak-kotak.
6.    Atau anda juga bisa memilih insert table di bagian bawah kotak-kotak.
7.    Pada jendela insert table tentukan number of coloum dan number of rows.

Mengatur Garis Tabel Menggunakan Tombol Border
Pengaturan dengan menggunakan tombol Border yang ada di grup Paragraph yang ada di ribbon Home adalah yang paling sering digunakan. Secara default, garis border tabel yang disediakan berwarna hitam (automatic). Untuk mengganti atau menghilangkan border bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat.
1.    Misalkan ingin mengelompokkan 5 buah baris/data dengan cara menghilangkan garis datar (horizontal) yang menjadi pembatas baris
2.    Kita sorot / blok terlebih dahulu sel atau baris yang akan diatur garis border nya.
3.    Kemudian klik ribbon Home lalu pada grup Paragraph klik tombol dropdown untuk Border .
4.    Dari daftar     tombol      pengaturan     garis     yang     disediakan,      klik
tombol Inside Horizontal Border .
5.    Garis pembatas antar baris yang ada akan menghilang.
Pada  daftar  pilihan  border  ada  12  tombol  yang  bisa  digunakan  :
1.    Bottom border : garis pembatas / border bagian bawah
2.    Top Border : garis pembatas / border bagian atas
3.    Left Border : garis pembatas / border bagian kiri
4.    Right Border : garis pembatas / border bagian kanan
5.    No Border : tanpa garis pembatas/ border
6.    All Borders : semua garis pembatas (border)
7.    Outside Borders : semua garis pembatas / border bagian luar
8.    Inside Borders : semua garis pembatas / border bagian dalam (vertikal dan horizontal)
9.         Inside Horizontal Border : semua garis pembatas / border bagian dalam yang horizontal
10.  Inside Vertical Border : semua garis pembatas / border bagian dalam yang vertikal
11. Diagonal Down Border : garis border diagonal yang menurun (seperti backslash)

12. Diagonal Up Border : garis border diagonal yang menaik (seperti slash atau garis miring)
Mengatur Garis Tabel Menggunakan Draw Borders
Mengatur tabel dengan draw border merupakan alternatif yang dapat dipakai untuk mempercantik tampilan tabel. kelebihan dari pengaturan garis dengan draw border adalah bisa mengganti warna dan jenis garis border yang akan digunakan. Selain itu, melalui fasilitas ini bisa melakukan perubahan secara visual langsung pada tabel sehingga bisa langsung melihat baik buruknya perubahan yang terjadi.
1.     Pertama-tama klik pada tabel yang akan diubah. Hal ini perlu dilakukan untuk memunculkan ribbon Design pada Table Tools .
2.        Klik tab ribbon Design.
3.    Selanjutnya klik tombol dropdown pada Line Style
4.    Pilih jenis garis yang akan digunakan pada tabel, misalkan pilih double lines(garis ganda).
5.        Kursor mouse akan berubah menjadi pensil , mulailah menggambar garis pada tabel.
6. Tarik garis dari kiri ke kanan atau klik dari kiri lalu drag ke arah kanan lalu lepaskan. Garis tersebut akan berubah menjadi garis ganda (double). Saat proses dilakukan, akan melihat garis yang ada pada tabel akan ditandai.
Mengatur  Garis  Tabel  Menggunakan  Kotak  Dialog  Border  and
Shading
Cara ini sangat efektif dan relatif cepat jika tabel yang akan kita atur bordernya memiliki pola penggarisan tertentu, misalkan garis antar baris berupa garis putus-putus, garis setelah kepala (header) tabel adalah garis double, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaan dialog Border and shading berikut ini.
1.    Pertama-tama pilih tabel yang akan di atur. Sorot / blok sel yang akan diatur bordernya, misal untuk semua baris data (kecuali header).

2.    Setelah itu klik kanan pada area yang sudah di blok tadi. Pada popup menu yang muncul klik Border and Shading
3.      Pada dialog Border and shading , pilih tab Borders
4.    Selanjutnya pada bagian Setting pilih Custom
5.    Pada bagian Style pilih garis ganda (double lines)
6.         Lalu pilih warna untuk garis tersebut, misalkan warna merah (red )
7.    Lalu pada bagian Preview , klik tombol untuk border bagian atas, klik sampai muncul / menjadi garis ganda berwarna merah.
8.    Selanjutnya untuk membuat garis pembatas antar baris menjadi
putus-putus, terlebih dahulu klik garis putus-putus yang ada di bagian Style
9.    Pastikan bahwa warna garis tersebut adalah Automatic atau hitam
10. Kemudian klik tombol Horizontal bagian dalam sampai muncul garis putus-putus
11. Setelah selesai, kik tombol OK .
12. Border tabel anda akan berubah menjadi garis ganda berwarna merah pada border setelah kepala (header) tabel, sedangkan garis antara baris akan menjadi garis putus-putus.

Formula pada microsoft word adalah tool yang berfungsi untuk menyisipkan rumus pada tabel di microsoft office word. Meskipun tidak sedetail seperti pada microsoft office excel fungsi formula pada ms word sangat membantu pengguna dalam penghitungan yang cepat dan akurat. Formula pada ms word biasanya disisipkan pada tabel karena memang diperuntukan untuk menghitung seperti halnya pada ms excel. Sehingga pada saat data pada kolom tabel di rubah maka data yang lain akan menyesuaikan dengan data yang ada.
Untuk lebih memahami penggunaan formula pada microsoft word, perhatikan gambar dibawah ini.
Pada saat kita membuat tabel pada ms word, tentunya kita akan buat baris dan kolom, sehingga baris dan kolom ini harus sangat diperhatikan ketika kita akan menggunakan formula pada ms word. Karena seperti hanlnya pada microsoft excel, membuat formula pada ms word juga akan membutuhkan kecermatan dalam pembacaan cell pada kolom tersebut. Cell pada kolom adalah pertemuan baris dan kolom dimana rumus formula tersebut akan disisipkan.
Untuk lebih jelasnya, ikuti contoh berikut ini untuk membuat formula
pada microsoft word.
1.    Langkah pertama buat tabel pada microsoft word
2.    Selanjutnya isikan data sesuai dengan pada gambar berikut.
3.         Kemudian letakkan kursor pada cell dimana rumus akan diisikan.
4.    Selanjutnya klik layout pada menubar, kemudia pilih formula pada group data.
Maka akan muncul jendela formula

6.    Isikan rumus atau formula pada menu formula, seperti halnya pada
contoh diatas kita akan mengalikan antara 2 da 3. Yang harus kita
pahami adalah letak dari angka 2 dan 3. angka 2 terletak pada cell
sedangkan angka 3 terletak pada cell B2, sehingga kita akan membuat
formula ” =A2*B2 “.

7.    Selanjutnya klik OK dan lihat hasilnya.
8.    Untuk membuat rumus pada bagian bawahnya, yaitu perkalian antara

TUTORIAL MENGGUNAKAN FASILITAS MAIL MARGE MS WORD DALAM MEMBUAT SURAT MASAL

Fasilitas mail merge digunakan untuk membuat dokumen atau surat yang akan didistribusikan secara masal.ada dua hal penting yang mesti kit apahami

1.    Mian Document,Merupakan dokument inti or dokument utama yang berisi teks dan informasi lain yang tidak berubah dari surat yang akan dibuat.Dokument inti dijadikan sebagai format dasar dari surat yang akan di kirm.
2.    Data Source,Merupakan sumber data yang digabungkan ke main document.
Untuk membuat surat yang akan didistribusikan secara masal dengan menggunakan fasilitas mail merge,Ikutilah langkah-langkah berikut ini.

1.    Buka file surat yang akan dijadikan main document or siapkan document baru yang masih kosong.
2.    Pada Tab klik Mailings > Start Mail Merge.
3.    Kita akan membuat surat,maka kliklah Letters > Klik step by step Mail Merge Wizard.
4.    Pada bagian select starting document klik salah satu tombol (Use the current or Start from a template) > Klik select template > OK
5.    Start from existing document,bila Anda ingin mengambil file document yang sudah ada.
6.    Sebagai contoh,Anda menggunakan pilihan Use the current document > klik Next > Select recients yang ada d bawah Task Pane.
7.    Klik Type a new list,Bila Anda membuat daftar nama dan alamat baru dengan paduan wizard word.
8.    Anda tinggal mengisi data yang dibutuhlan lalu klik Oke


PENGENALAN MICROSOFT EXEL 2010 MENGENAL MENU DAN FUNGSI MENU EXEL

Microsoft Office Excel dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Kelebihan Ms Excel: 
Microsoft Excel mempunyai beberapa kelebihan, seperti:
1.    Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan. 
2.    Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. 
3.    Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. 
4.    Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

Kekurangan Ms Excel:
Selain kelebihan diatas, ternyata Microsoft Excel mempunyai beberpa kekeurangan, Seperti:

1.    Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
2.    Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
3.    Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
ADAPUN FUNGSI MENU PADA MS EXEL

Clipboard,
digunakan untuk menampung data sementara hasil pemotongan data atau copy. Bagian dari clipboard adalah sebagai berikut;

§  Cut, untuk menghapus/memotong teks.
§  Copy, untuk meduplikat teks.
§  Format Painter, membuat format data seperti data sebelumnya.
§  Paste, menempelkan hasil copian data.


Font
submenu dari font adalah sebagai berikut;

§  Increase font size, membesarkan ukuran huruf.
§  Decrease font size, mengecilkan ukuran huruf.
§  Bold, menebalkan huruf.
§  Italic, mencetak miring huruf.
§  Underline, memberi garis bawah pada huruf.
§  Border, memberi bingkai pada tabel.
§  Fill color, memberi warna.
§  Font color, memberi warna pada huruf.
§  Font, untuk memilih jenis huruf.


Alignment
submenu alignment terdiri dari beberapa ikon dibawah ini;

§  Top Align, format teks rata tengah dengan posisi disebelah kiri halaman.
§  Middle Align, format teks rata tengah dengan posisi ditengah-tengah halaman.
§  Bottom Align, penggalan halaman.
§  Align Left, format teks rata kiri.
§  Center, format teks rata tengah.
§  Align Right, format teks rata kanan.
§  Decrease Indent, paragraf menjorok ke kiri.
§  Increase Indent, paragraf menjorok ke kanan.
§  Merge and Center, menggabungkan dan menengahkan teks.


Number
submenu number terdiri dari ikon yang seperti dibawah ini;

§  General, tombol pengaturan secara umum.
§  Curency, format mata uang.
§  Percent, format persen.
§  Comma, pemberian tanda koma pada data.
§  Decrease decimal, mengurang angka desimal.
§  Increase decimal, menambahkan angka desimal.


Styles
submenu styles terdiri dari beberapa ikon dibawah ini;

§  Conditional formatting, pembuatan format yang sesuai dengan keinginan.
§  Format as table, pembuatan tabel dengan format yang disediakan.
§  Cell style, pembuatan penampilan sel.


Cell
submenu cell terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;

§  Insert, menyisipkan sel.
§  Delete, menghapus sel.
§  Format, pengaturan penampilan sel.


Editing
submenu editing terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;

§  Autosum, menghitung secara otomatis, membuat rumus.
§  Clear, menghapus sel.
§  Sort and filter, mengurutkan dan menyaring data.
§  Find and select, mencari dan menseleksi data.


Tab INSERT ini digunakan untuk memasukkan intruksi-intruksi kedalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, model-model grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut;

Tables
nama dan fungsi submenu dari tables adalah sebagai berikut;

§  Pivot table, membuat tabel rekapitulasi dengan bentuk yang ditentukan sendiri.
§  Table, membuat table.

Ilustrations
submenu dari tab ini adalah sebagai berikut;

§  Picture, menyisipkan gambar.
§  Clip art, menyisipkan clipart.
§  Shape, menyisipkan gambar standar dari komputer.
§  Smart Art, menyisipkan gambar praktis.
§  Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
§  Text, digunakan untuk membuat text box, menyisipkan header dan footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.


Tab Page Layout
Tab ini digunakan untuk mengatur data, submenu dari tab ini adalah sebagai berikut;
§  Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak dan efek huruf.
§  Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), orientasi kertas, mengatur ukuran kertas/size, mengatur area pencetakan, mengatur penggalan halaman (page break), memberi background pada dokumen, mencetak dan memberi judul tabel.
§  Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.
§  Sheet option, digunakan untuk memunculkan garis bantu serta heading dari suatu data.
§  Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar.



Tab Formula
digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi teks, format keuangan, tanggal, dan waktu. Berikut ini adalah bagian dari tab formula;


Tab Data
Digunakan untuk memasukkan data eksternal, atau merefresh data. pada bagian Sort dan Filter, digunakan untuk mengurutkan data dan menyaring data. Di bagian Data Tools, digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses group dan melepas group suatu data serta membuat subtotal.


Tab Review
Digunakan untuk mengeja kesalahan pada tata bahasa, pemberian komentar, serta untuk keamanan data.


Tab View
Digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor, serta pengaturan jendela lembar kerja.


MEMPRAKTIKKAN FORMA CELL DALAM DATA

Berikut langkah langkah format cell data number:
1. Seleksi atau area range yang akan diformat
2. Klik kanan pada data atau gunakan shortcut CTRL+1 
3. Pada Dialog box pilih number dengan category accounting atau Currency.
4. Decimal places jadikan menjadi “0”
5. Pilih symbol “Rp Indonesian”
Untuk lebih jelasnya anda dapat lihat tampilan dibformat cell angka
Langkah diatas adalah salah satu contoh untuk format cell dengan type accounting yang biasanya dipakai untuk data perkantoran, untuk format data dalam tipe yang lain misal data tanggal, jam, persen dan lainya anda dapat memilih sesuai kebututuhan.
Cara Format Cell Data Tanggal
Ketika kita bekerja dengan data tanggal secara dafault jika regional setting kita dalam bahasa inggris maka penulisan Formatnya adalah Bulan/Tanggal/Tahun (7/12/2016),  dengan tampilan seperti ini mungkin akan terlihat sulit untuk melihat data tanggal tersebut, agar lebih mudah membaca data tanggal kita dapat gunakan format cell untuk data tanggal
Langkah- langkah format data tanggal :
1.    Input data tanggal pada cell E23 “10/28/2017” atau gunakan shortcut CTRL+;
2.    Klik kanan pada cell, Pilih format cell atau gunakan Shortcut CTRL+1
3.    Pada Category Pilih Date
4.    Pilih type format cell yang diinginkan, sebagai contoh Gunakan format tanggal komplit dengan tampilan hari dan tanggalnya.
5.    Klik OK
Cara Format Cell Data Jam
Memformat data jam di microsoft excel dapat anda lakukan dengan cara hampir sama dengan format data tanggal, yang berbeda hanya categorynya saja. Berikut langkah-langkah memformat data Jam.
↿⇗
1.    Input data Jam pada cell E24 “6:08” atau gunakan shortcut CTRL+SHIT+;
2.    Klik kanan pada cell, Pilih format cell atau gunakan Shortcut CTRL+1
3.    Pada Category Pilih Time
4.    Pilih type format cell yang diinginkan, sebagai contoh Gunakan format jam komplit dengan tampilan detiknya.
5.    Klik OK


Komentar