BENI GUNAWAN EKIS 4D
PERKEMBANGAN
KOMPUTER DARI MASA KE MASA
Alat yang di gunakan untuk mengelola
data berdasarkan aturan buku adalh komputer. perangkat elektronik yang memiliki
beberapa komponen yang bekerja sama dan membentuk satu sistem ialah definisi
dari komputer. sehingga sistem komputer
dapat menjalankan pelbagai program.
Secara bahasa, komputer berasal dari
bahasa Yunani, yaitu computare. Kata computare adalah gabungan dari kata
com yang berarti menggabungkan dan putare yang artinya memikirkan perhitungan. Dalam
bahasa inggris, computare disebut dengan to compute atau menghitung.
Definisi komputer menurut beberapa ahli.
1.Robert H , komputer adalah alat
yang dapat melakukan tugas untuk menerima input, memproses input, menyimpan,
dan membuat output.
2.Elias M. Awad, komputer merupakan alat
penghitung yang dapat memproses data yang kemudian disajikan dalam bentuk data.
Baik itu data digital maupun data analog.
3.William M. Fuori, komputer adalah alat
untuk memproses data yang juga bisa melakukan perhitungan secara cepat.
SEJARAH KOMPUTER DARI
GENERASI PERTAMA-SEKARANG
Ø
Sejarah Komputer Generasi
Pertama (1946-1959)
Sejarah komputer generasi pertama yaitu
digital elektronik atau bisa di sebut dengan ENIAC (Electronic Numerical
Integrator and Calculator). Merupakan salah satu yang digunakan sebagai
kebutuhan umum.
Program pada ENIAC, sudah rancang pada tahun 1942, dan baru mulai di kerjakan
pada tahun 1943 oleh John Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly di Moore
School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan selesai pada
tahun 1946.
Bentuk program ENIAC berukuran sangat
besar, dalam penempatan program tersebut membutuhkan ruang sebesar 500m2. ENIAC
memakai 18.000 tabung hampa udara, serta 75.000 relay dan saklar, 10.000
kapasitor dan menggunakan 70.000 resistor.
Ketika mulai dioperasikan, ENIAC
membutuhkan daya listrik yang sangat besar yaitu 140 kilowatt. Dengan berat
mesin lebih dari 30 ton, dan sangat memakan banyak ruangan 167 m2.
Perangkat lunak komputer yang pertama
kali telah dikembangkan yaitu, komputer sebagai desain pesawat dan peluru
kendali. Salah satu ilmuwan yang mengerjakan konsep pengembangan tersebut ialah
Konrad Zuse, seorang Insinyur berasal dari Jerman.
Pada pertengahan tahun 1940-an, John Von
Neumann (1903-1957) bergabung bersama tim University Of Pennysylvania. Dalam
proses membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam
teknik dalam merakit komputer.
Von Neumann mendesain EDVAC (Electronic
Discrete Variable Automatic Comnputer) pada tahun 1945 dengan sebuah
memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik semacam ini,
memungkinkan pembuatan komputer agar berhenti pada suatu saat dan kemudian
melanjutkan pekerjaannya kembali.
Peran utama arsitektur Von Neumann
adalah unit pemrosesan sentral CPU (Central processor unit), yang mampu semua
fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Ciri-ciri
komputer generasi pertama adalah CPU.
Sejarah komputer generasi
1 memiliki ciri khusus, yaitu instruksi dalam mengoperasikan dibuat secara
spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai program seperti
kode-biner.
Masing-masing yang berbeda disebut dengan Machine
Language (Bahasa Mesin). Hal ini menyebabkan program komputer sulit
untuk diprogramkan dan membatasi kecepatannya.
Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama
Adalah:
- Ukuran
fisik hardware komputer lebih besar, memerlukan ruang yang luas.
- Instruksi
operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
- Programnya
hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
- Komputer
mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
- Menggunakan
Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
- Membutuhkan
daya listrik yang besar.
- Suhunya
cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
- Daya
simpannya kecil.
- Prosesnya
kurang cepat.
- Menggunakan
Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
- Sirkuitnya
Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat
ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar.
Ø Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Perubahan dalam Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua. Yaiut
transistor, alat canggih yang mampu maksimalkan kinerja komputer hanya dengan
ukuran yang sangat kecil.
Penemuan alat ini, mampu mempengaruhi
perkembangan komputer pada generasi kedua, dengan cepat. Pada 1959-1960an, para
ilmuwan memulai menggarap komputer generasi kedua.
Beberapa diantara intansi, perusahaan, universitas,
dan pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua.
Maksud dari penemuan komputer generasi 2 ini adalah transistor, yang mampu
membuat sejarah komputer generasi kedua, berukuran lebih kecil dibandingkan
dengan komputer generasi pertama.
Mesin pertama yang menggunakan teknologi
terbaru ini adalah super komputer. IBM telah membuat super komputer bernama
Stretch, dan Sprery-Rand dan membuat komputer bernama LARC.
Sejarah komputer yang dikembangkan di
laboratorium energi atom, dapat mengatasi sejumlah besar data, sebuah kemampuan
yang sangat dibutuhkan oleh para peneliti atom.
Harga mesin tersebut sangat mahal dan
cenderung terlalu kompleks, sebagai kebutuhan komputasi bisnis, sehingga
membuat keterbatasan dalam kepopulerannya. Hanya ada dua LARC telah dipasang
dan digunakan, satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan
yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
Komputer generasi kedua telah
menggantikan posisi bahasa mesin dengan bahasa assembly. Dan Bahasa assembly
adalah bahasa yang menggunakan singakatan sebagai pengganti kode biner.
Pada awal 1960an, mulai bermunculan
sejarah komputer generasi yang kedua yang telah sukses meluncur di bidang
bisnis, pada universitas dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini
komputer yang sepenuhnya telah menggunakan Transistor.
Mereka juga mempunyai komponen yang
dapat digabungkan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan
dalam disket, memory, system operasi, dan program.
Contoh penting komputer pada masa ini
yaitu jenis IBM 1401 yang telah diterima secara luas di kalangan industri.
Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer
generasi kedua dalam memproses informasi keuangan bisnis.
Program yang telah dijalankan tersimpan
di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan
fleksibilitas kepada komputer.
Komputer digital yang pertama memiliki
ukuran bentuk yang sangat besar, serta biaya yang tinggi untuk membuatnya.
fungsi komputer Generasi dua ini hanya digunakan
sebagai perhitungan ilmiah.
Sejarah Komputer pada generasi
kedua memiliki tempat sistem penyimpanan sendiri. Yaitu, Kapasitas memori
utama di dapat dari. Magnetic Core Storage dan menggunakan tempat simpanan
luar, yang berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
Transistor dibanding dengan tabung,
teknologi transistor jauh lebih mudah dan efisien, sebagai switch dan dapat
lebih diperkecil ke skala mikroskopik.
Ciri-ciri Komputer Generasi Kedua
Adalah:
- Sudah
menggunakan operasi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan
FORTRAN.
- Kapasitas
memori utama telah dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
- Memakai
simpanan dari luar yang berupa magnetic tape dan magnetic
disk.
- Kemapuan
dalam melakukan proses real-time dan real-sharing.
- Ukuran
fisiknya sudah lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer generasi
pertama.
- Proses
operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
- Kebutuhan
terhadap daya listrik lebih kecil.
- Orientasinya
penggunaan program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga
sudah pada aplikasi teknik.
Ø Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Komputer generasi ketiga tahap perkembangan sangat pesat dari
komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul di era 1964-1970an.
Dalam penggunaanya, transistor membuat
kinerja komputer lebih cepat panas. Sehingga, membuat komputer generasi
kedua mulai ditinggalkan. setelah itu seorang ilmuwan bernama Jack Billy,
mencoba kembali melakukan penelitian.
di tahun 1958, dia
telah menciptakan komponen yang lebih canggih lagi, dibandingkan dengan
transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Penemuannya Yakni IC
atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu mengumpulkan dan
menampung banyak komponen menjadi satu.
Pada generasi ketiga inilah sejarah
komputer teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi salah satu ciri utama.
Karena mulai familiar dan banyak digunakan pada sebuah perangkat komputer
hingga generasi sekarang.
IC dibuat pertama kali oleh seorang
bernama, Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang
berisi hanya enam transistor saja. Bisa kita coba bandingkan
dengan prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan,
ratusan juta transistor.
Bahkan telah didesain prosesor yang
memiliki miliaran transistor. Dari sebuah perkembangan yang luar biasa dalam
masa kurang dari setengah abad.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga
adalah:
- Penggunaan
listrik lebih hemat.
- Peningkatan
dari sisi software.
- Harganya
semakin murah.
- Kapasitas
memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya
hanya puluhan ribu).
- Karena
telah menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih tepat dan cepat.
- Kecepatannya
hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
- Kemampuan
melakukan multiprocessing dan multitasking.
- Telah
menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
- Menggunakan
media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat
pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar
(jutaan karakter).
- Kemampuan
melakukan komunikasi dengan komputer lain.
Ø Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)
Komputer generasi keempat
adalah regenerasi dari generasi ke 3,bedanya hanya pada IC pada komputer
generasi 4 lebih kompleks dan terintegrasi dibandingkan dengan generasi ketiga.
Pada generasi keempat, komputer sudah
mulai menggunakan chip IC, kemudian baru mulai dikembangkan lagi. Oleh
perusahaan Very Large Scale Integration. Untuk mencoba
mengerjakan pengembangan tersebut sejak tahun 1980-an. Walhasil, satu
chip tunggal mampu menampung ribuan komponen.
di tahun 1970 muncul dua
perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi 4. yang Pertama,
penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang bisa disebut dengan nama Bipolar
Large Large Scale Integration.
LSI merupakan sekumpulan pemadatan
beribu-ribu IC, lalu dijadikan satu keping IC yang bisa kita sebut dengan
nama chip. Istilah penyebutan chip digunakan dalam menunjukkan suatu
lempengan yang berbentuk, persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC.
LSI kemudian dapat dikembangkan lagi
menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat menampung puluhan ribu
bahkan hingga ratusan ribu IC.
selanjutnya dikembangkan lagi
menjadi komputer mikro, yang menggunakan semikonduktor dan mikroprosesor yang
berbentuk chip. Sebagai memori komputer internal sementara, sedangkan
generasi sebelumnya hanya menggunakan magnetic core storage.
Perusahaan Intel dari mulai tahun 1971
telah memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang sudah menggunakan chip
prosesor dengan sebutan 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada
108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi hingga 60.000 operasi per detik.
Dilanjutkan lagi pada tahun 1972, Intel
memperkenalkan mikrokomputer dengan nama 8008 yang mampu memproses 8 bit
informasi hanya pada satu waktu. Selanjutnya dilanjut dengan mikroprosesor 8080
dibuat pada tahun 1974, dan yang merupakan prosesor sebagai tujuan umum pertama
yang berhasil dikembangkan.
Jika sebelumnya prosesor 4004 dan 8008
dirancang hanya sebagai kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080
memiliki kinerja kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih
kaya, serta memiliki kemampuan lebih dalam pengalamatan yang lebih besar.
Sejarah komputer pada generasi keempat
memiliki tampilan monitor, masih menggunakan satu warna (green color).
Komputer- komputer generasi keempat
diantaranya adalah Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan IBM 370, Apple I dan Altair
yang sudah menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control
Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic
(Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).
Ciri-ciri komputer generasi keempat
Adalah:
- Menggunakan
LSI (Large Scale Integration).
- Dikembangkan
komputer mikro yang sudah menggunakan semiconductor dan micro processor
yang berbentuk chip untuk memori komputer.
- Komputer
generasi keempat diantaranya adalah : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370,
Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II
Ø Komputer Generasi Kelima (Sekarang)
Komputer generasi kelima yaitu pada saat
sekarang ini, tengah banyak sekali dilakukan pengembangan oleh berbagai vendor
elektronik. Komputer generasi kelima sering disebut dengan komputer generasi
masa depan.
Pada perkembangan selanjutnya akan ada
bayak perubahan besar terjadi, bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan
satu-satunya manufaktur PC-compatible.
Maka standar baru dalam dunia industri
PC, akan lebih banyak di terapkan dan lebih dikembangkan oleh perusahaan lain.
Seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W.Bill Gates yang saat ini
telah menjadi pionir standar hardware dan software dunia.
Beberapa bukti diantaranya adalah
munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi,
penemuan-penemuan terbaru pada saat ini yang bisa kita temui.
Sejarah perkembangan komputer generasi
kelima merupakan komputer, yang kita gunakan pada sekarang ini. Generasi ini
ditandai munculnya. LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan
ribuan microprocessor di dalam sebuah microprocesor pada saat ini.
Selain itu, juga ditandai dengan
munculnya semi conductor dan microprocessor.
Perusahaan yang telah membuat
micro-processor di antaranya ialah perusahaan Intel Corporation, Zilog,
Motorola, dan lainnya masih banyak lagi. Di pasaran dapat kita temui dengan
mudah, dengan adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 80386,
8088, 80286, 80486, dan Pentium.
Pentium empat merupakan keluaran produksi
terbaru dari perusahaan Intel Corporation yang diharapkan kedepanya dapat
menutupi kekurangan dan segala kelemahan yang ada. Pada produk sebelumnya.
selain itu, kemampuan serta kecepatan yang telah dimiliki Pentium-4 juga
bertambah menjadi 2 Ghz.
Pada tahun 2001 Intel telah berhasil
meluncurkan prosesor Itanium, merupakan prosesor dengan basis arsitektur
64 bit (IA-64) pertama dari produk intel.
Itanium adalah prosesor pertama yang
dimiliki Intel dengan instruksi 64 bit dan akan mengelurkan satu generasi
terbaru mulai dari sistem operasi dan aplikasi, sementara itu produk intel
masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit.
Perlu dipahami terlebih
dahulu bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer mampu beroperasi
pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4.
Pada saat sekarang ini komputer yang digunakan kebanyakan masih sering
menggunakan yang berbasis 32 bit.
Pada generasi pentium, selain ciri
khasus yang dimiliki dari peningkatan kinerja kecepatan akses datanya dan
juga tampilan gambar sudah memiliki resolusi (kualitas gambar) sudah bagus dan
berwarna serta multimedia juga mendukung, dan yang lebih penting lagi adalah
fungsi komponen komputer menjadi lebih cerdas.
Meskipun komputer pada generasi saat
ini, dengan ukuran fisik menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki
kemampuan yang semakin pintar dan canggih dalam pengoprasiaya.
Pada generasi kelima ini,
sudah dilakukan upaya pengembangan yang dinamakan Josephson Junction,
teknologi yang dapat menggantikan chip. Yang dapat mempunyai kinerja
kemampuan memproses trilyunan pengoperasi perdetik, sementara teknologi chip
hanya bisa memproses miliaran operasi dalam perdetik.
Komputer pada generasi kelima akan dapat
menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat secara langsung
berbicara dengan komputer serta adanya kemampuan dalam penghematan energi
komputer.
Sifat yang luar biasa dapat disebut
dengan “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis GUI (Graphic
User Interface), multikomunikasi dan multimedia.
Contoh-contoh komputer yang telah lahir
pada generasi kelima, yang sudah berbasis x86, seperti chip 286 yang telah
diperkenalkan tahun 1982 dengan 134.000 transistor, selanjutnya chip 386
tahun 1983 dengan 275.000 transistor, kemudian chip 486 diperkenalkan
tahun 1989 yang mempunyai 1,2 juta transistor.
Selanjutnya pada tahun 1993 Intel mulai
mengenalkan keluarga dari prosesor 586 yang disebut dengan Pentium 1 serta
jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second).
Selanjutnya Kemudian dilanjutkan kepada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3,
dan 4.
Gambar-gambar yang ditampilkan pada
generasi ini menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan
memproses kinerja, dan dalam mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi
semakin cepat.
Dengan teknologi komputer yang ada pada
saat ini, akan sulit untuk dibayangkan bagaimana komputer masa depan.
Dengan teknologi yang ada pada saat ini saja, kita seakan sudah dapat
“menggenggam dunia” karena kecanggihan yang dimiliki.
Dari sisi teknologi dari beberapa ilmuan
komputer dunia, memiliki keyakinan bahwa suatu saat akan tercipta, apa
yang disebut dengan biochip, yang terbuat dari bahan protein sitetis.
Robot yang dibuat dengan bahan seperti ini nantinya akan menjadi
seperti manusia tiruan.
Sedangkan teknologi yang sedang dalam
proses penelitian saat ini yaitu mikrooptik, serta input-output audio
yang dapat digunakan kepada generasi komputer yang akan datang. Ahli-ahli
sains komputer pada sekarang sedang memulai dalam mencoba merakit komputer yang
tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.
Komputer tanpa program (programless
computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan
dikembangkan pada masa yang akan datang.
Ciri-ciri komputer generasi kelima
Adalah:
- Masih
menggunakan teknologi LSI, yang tentu saja memiliki banyak pengembangan
- Fitur-fitur
yang semakin banyak
- Pemrosesan
informasi yang jauh lebih cepat
PENGENALAN
HARDWARE, SOFTWARE BRAINWARE
1. Hardware
Hardware dalam bahasa indonesia disebut
perangkat keras adalah salah satu dari ketiga komponen utama pembangun sistem
komputer yang berwujud atau alatnya yang dapat kita lihat dan dipegang.
Hardware mempunyai fungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Contoh
hardisk yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari seperti Monitor,
Speaker, Keyboard, Mouse dan masih banyak lagi.
Hardware terdiri dari 3 jenis, yaitu
§ Input Device ( Perangkat Masukan ) : Berfungsi
untuk memasukan data baik berupa gambar, teks, video, ke dalam komputer. Contoh
dari Input Device yang sering kita jumpai : Keyboard, Webcam, Mouse, scanner
dan lain sebagainya
§ Processor ( Perangkat Pengolah
Data ) : Berfungsi untuk mengolah data yang diperoleh dari input device,
setelah itu diproses dan diteruskan kepada output device. Contoh dari Perangkat
pengolah Data : CPU ( Central Unit Processor ) dan Microprocessor.
§ Output Device ( Perangkat Keluaran ) : Berfungsi
untuk mengeluarkan dan menghasilkan data yang telah dimasukan dengan Input
Device. Contoh dari Output Device yang sering kita jumpai : Monitor, Speaker,
dan Printer.
INI ADALAH CINTOH Hardware yang sering
kita jumpai sehari-hari :
2. Software
Software dalam bahasa
indonesia di sebut juga Perangkat lunak berfungsi untuk memproses data atau
perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan berbagai perintah.
Selain itu software dibagi menjadi beberapa jenis, sebagai berikut :
§ Sistem operasi : Perangkat lunak
yang berfungsi mengorganisasikan semua komponen mesin komputer. contoh dari
sistem operasi ialah microsoft windows, macintosh, linux, dan unix.
§ Program aplikasi : Suatu program
yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada suatu bidang.
Contoh dari program aplikasi ialah MS.Word, MS. Excel, MS. Power point dan
masih banyak lainnya.
§ Utillity atau program bantu :
Suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi. contoh dari
utillity ialah : Google Chrome, Mozilla Firefox, Winamp, Anti Virus dan
lain-lain.
§ Bahasa Pemrograman : Atau lebih
dikenal juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah
instruksi standar yang berfungsi untuk memerintah komputer. contoh bahasa
pemrograman : Java Script, PHP, Visual Basic, Pascal, dan masih banyak lagi.
ini adalah
software atau perangkat lunak yang sering kita temui :
3. Brainware
Brainware adalah semua orang yang
terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. atau
bisa disebut juga orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak
ada orang yang mengoperasikan maka komputer tidak akan dapat dijalankan.
Brainware dibagi menjadi beberapa macam
:
§ Operator : Orang yang tugasnya
melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan
perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat
sistem komputer, dan lain-lain.
§ Programmer : Orang yang menguasai bahasa
pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang
mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang
akan dirancang.
§ Administrator : Orang yang bertugas mengelola
suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem
komputer atau jaringan komputer. dan Masih banyak lagi.
FUNGSI TOMBOL PADA KEYBOARD
Ctrl + A : Select All
Ctrl + B : Bold
Ctrl + C : Copy
Ctrl + D : Font
Ctrl + E : Center Alignment
Ctrl + F : Find
Ctrl + G : Go To
Ctrl + H : Replace
Ctrl + I : Italic
Ctrl + J : Justify Alignment
Ctrl + K : Insert Hyperlink
Ctrl + L : Left Alignment
Ctrl + M : Incrase Indent
Ctrl + N : New
Ctrl + O : Open
Ctrl + P : Print
Ctrl + Q : Normal Style
Ctrl + R : Right Alignment
Ctrl + S : Save / Save As
Ctrl + T : Hanging Indent
Ctrl + U : Underline
Ctrl + V : Paste
Ctrl + W : Close
Ctrl + X : Cut
Ctrl + Y : Redo
Ctrl + Z : Undo
Ctrl + 1 : Single Spacing
Ctrl + 2 : Double Spacing
Ctrl + 5 : 1,5 lines
Ctrl + Esc : Start Menu
F1 : Menjalankan fungsi pertolongan yang
disediakan pada Word
F2 : Megubah nama suatu file/folder
F3 : Menjalankan perintah AutoText
F4 : Mengulangi perintah sebelumnya
F5 : Menjalankan perintah Find and
Replace atau Goto
F6 : Menjalankan Perintah Other Pane
F7 : Memeriksaan kesalahan ketik dan
ejaan teks (spelling)
F8 : Awal perintah penyorotan/pemilihan
teks atau objek
F9 : Mengupdate Field (Mail Merge)
F10 : Mengaktifkan Menu
F11 : Memasukkan field berikutnya (Mail
Merge)
F12 : Mengaktifkan dialog Save As
Esc : Membatalkan dialog / perintah
Enter : Melaksanakan pilihan atau
mengakhiri suatu paragraf
Tab : Memindahkan teks sesuai dengan
tanda tab yang ada pada ruler horizontal
Windows : Mengktifkan Menu Start
Shortcut : Mengaktifkan shortcut pada
posisi kursor
Delete : Menghapus 1 karakter di sebelah
kanan kursor
Backspace : Menghapus 1 karakter di
sebelah kiri kursor
Insert : Menyisip karakter di posisi
kursor
Home : Memindahkan posisi kursor ke awal
baris
End : Memindahkan posisi kursor ke akhir
baris
Page Up : Menggulung layar ke atas
Page Down : Menggulung layar ke bawah
Up : Memindahkan kursor 1 baris ke atas
Down : Memindahkan kursor 1 baris ke
bawah
Left : Memindahkan kursor 1 karakter ke
kiri
Right : Memindahkan kursor 1 karakter ke
kanan
Num Lock On : Fungsi pengetikan
angka-angka dan operator matematik aktif
Num Lock Off : Fungsi tombol navigasi
aktif
Shift + F10 : Membuka menu pintas, sama
seperti mengklik kanan
Alt : Penekanan tombol yang tidak
dikombinasikan dengan tombol lain hanya
berfungsi untuk mengaktifkan atau
memulai penggunaan menu bar
Shift + Delete : Menghapus item yang
dipilih secara permanen tanpa menempatkan item
dalam Recycle Bin
Ctrl + Right Arrow : Memindahkan titik
penyisipan ke awal kata berikutnya
Ctrl + Left Arrow : Memindahkan titik
penyisipan ke awal kata sebelumnya
Ctrl + Down Arrow : Memindahkan titik
penyisipan ke awal paragraf berikutnya
Ctrl + Up Arrow : Memindahkan titik
penyisipan ke awal paragraf sebelumnya
Alt + F4 : Menutup item aktif, atau
keluar dari program aktif
Alt + Enter : Menampilkan properti dari
objek yang dipilih
Alt + Spacebar : Buka menu shortcut
untuk jendela aktif
Ctrl + F4 : Close dokumen aktif dalam
program-program yang memungkinkan Anda
untuk memiliki beberapa dokumen yang
terbuka secara bersamaan
Alt + Tab : Switch antara item yang
terbuka
Alt + Esc : Cycle melalui item dalam
urutan yang telah dibuka
Ctrl + Shift + Tab : Bergerak mundur
melalui tab
Shift + Tab : Bergerak mundur melalui
pilihan
Versi 2 :
• CTRL + C (Copy)
• CTRL+X (Cut)
• CTRL+V (Paste)
• CTRL+Z (Undo)
• DELETE (Hapus)
• SHIFT+DELETE (Menghapus item yang
dipilih secara permanen tanpa menempatkan item dalam Recycle Bin)
• CTRL sambil menyeret (men-drag) sebuah
item (Menyalin item yang dipilih)
• CTRL + SHIFT sambil menyeret item
(Buat cara pintas ke item yang dipilih)
• Tombol F2 (Ubah nama item yang
dipilih)
• CTRL + RIGHT ARROW (Memindahkan titik
penyisipan (kursor) ke awal kata berikutnya)
• CTRL + LEFT ARROW (Memindahkan titik
penyisipan (kursor) ke awal kata sebelumnya)
• CTRL + DOWN ARROW (Memindahkan titik
penyisipan (kursor) ke awal paragraf berikutnya)
• CTRL + UP ARROW (Memindahkan titik
penyisipan (kursor) ke awal paragraf sebelumnya)
• CTRL + SHIFT dengan salah satu ARROW
KEY (Sorot blok teks)
• SHIFT dengan salah satu ARROW KEY
(Pilih lebih dari satu item dalam sebuah jendela atau pada desktop, atau pilih
teks dalam dokumen)
• CTRL + A (Pilih semua)
• Tombol F3 (Mencari sebuah file atau
folder)
• ALT + ENTER (Melihat properti untuk
item yang dipilih)
• ALT + F4 (Menutup item aktif, atau
keluar dari program aktif)
• ALT + ENTER (Menampilkan properti dari
objek yang dipilih)
• ALT + SPACEBAR (Buka menu shortcut
untuk jendela aktif)
• CTRL + F4 (Menutup dokumen aktif dalam
program-program yang memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa dokumen yang
terbuka secara bersamaan
PENGENALAN MICROSOFT OFFICE WORD 2010 MENU DAN
FUNGSI MENU MS WORD 2010
Tab Home
Tab Home terdiri dari lima yaitu
1. Clipboard
Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Ø Paste : untuk
menempelkan hasil copy atau cut.
Ø Cut : untuk
memotong teks/objek terpilih.
Ø Copy : untuk
menggandakan teks/objek terpilih.
Ø Format
Painter : digunakan untuk meniru format
halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
Ø Tombol panah kecil di sudut
kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai
fungsi suatu Group.
2. Font
Menu-menu di Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf.
Terdiri dari:
Ø Font : untuk
memilih jenis huruf.
Ø Font
Size : untuk
mengatur ukuran huruf.
Ø Grow
Font :
untuk memperbesar ukuran huruf secara instan.
Ø Shrink
Font :
untuk memperkecil ukuran huruf secara instan.
Ø Change
Case :
untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil.
Ø Clear
Formatting : untuk
menghapus pemformatan teks terpilih.
Ø Bold :
untuk menebalkan teks terpilih.
Ø Italic :
untuk memiringkan Teks terpilih.
Ø Underline :
untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih.
Ø Strikethrough :
memberikan tanda coret pada teks terpilih.
Ø Subscript :
untuk mengetik karakter di bawah garis.
Ø Superscript :
untuk mengetik karakter pemangkatan.
Ø Text
Effect :
untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih.
Ø Text
Highlight Color : untuk memberikan warna
stabilo di belakang teks terpilih.
Ø Font
Color :
untuk mengatur warna teks terpilih.
3. Paragraph
Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk
mengatur paragraf teks. Perintah-perintah di Paragraph yaitu:
Ø Bullets :
untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih.
Ø Numbering :
untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih.
Ø Decrease
Indent :
untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri.
Ø Increase
Indent :
untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan.
Ø Left-to-Right :
untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin).
Ø Right-to-Left :
untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab).
Ø Sort :
untuk menyortir data.
Ø Show
Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan
tanda koreksi paragraf.
Ø Align Text
Left :
untuk mengatur teks rata kiri.
Ø Center :
untuk mengatur teks rata tengah.
Ø Align Text
Right :
untuk mengatur teks rata kanan.
Ø Justify :
untuk mengatur teks rata kanan-kiri.
Ø Line
Spacing :
untuk mengatur jarak antar baris teks.
Ø Shading :
untuk mengatur warna latar teks terpilih.
Ø Border :
untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
4. Styles
Styles terdiri dari dua menu yaitu:
Ø Heading Styles : berisi
pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih.
Ø Change
Styles :
berisi pilihan pengaturan tema paragraph.
5. Editing
Secara umum Editing terdiri dari Find, Replace,
dan Select. Fungsinya adalah:
Ø Find :
untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file.
Ø Replace : untuk
mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu
dalam suatu file.
Ø Select :
digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file.
Tab Insert
Tab Insert digunakan
untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek
gambar, tabel, shape, dan karakter spesial (symbols). Bahkan dengan tab Insert
tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen,
bahkan ke internet.
Secara umum perintah yang terdapat di Insert terdiri dari 7 Group perintah
yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah :
1. Pages
Fungsi-fungsi icon pada Pages :
Ø Cover
Page : digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
Ø Blank
Page : untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen.
Ø Break
Page : untuk memisah suatu halaman file dokumen.
2. Tables
Fungsi-fungsi icon pada Tables :
Ø Insert
Table :
untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table.
Ø Draw
Table :
untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen.
Ø Convert
Text to Table : digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada
dalam tabel
Ø Excel
Spreadsheet : untuk
menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel.
Ø Quick
Tables :
untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam
MS. Word 2010.
3. Illustration
Fungsi-fungsi icon pada Illustration :
Ø Picture :
digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer.
Ø Clip
Art :
untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program.
Ø Shapes :
digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape.
Ø SmartArt :
digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization.
Ø Chart :
digunakan untuk menyisipkan diagram.
Ø Screenshot :
digunakan untuk mengambil gambar dari hasil print screen.
4. Links
Fungsi-fungsi icon pada Links :
Ø Hyperlink :
digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain.
Ø Bookmark : digunakan
membuat penanda buku.
Ø Cross-Reference : digunakan
untuk membuat referensi antar file.
5. Header & Footer
Fungsi-fungsi icon pada Header & Footer :
Ø Header : digunakan
untuk mengatur kepala halaman suatu file.
Ø Footer :
digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file.
Ø Page
Number : digunakan untuk melakukan setting terhadap homor
halaman.
6. Text
Fungsi-fungsi icon pada Text :
Ø Text
Box : digunakan
untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks.
Ø Quick
Parts : digunakan untuk
mengatur teks otomatis dll.
Ø WordArt : digunakan
untuk menyisipkan teks bergaya artistik.
Ø Drop
Cap :
digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf.
Ø Signature
Line : digunakan untuk menyisipkan tanda
tangan digital.
Ø Date
& Time : digunakan untuk menyisipkan
tanggal dan waktu terkini.
Ø Object : digunakan
untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded).
7. Symbols
Fungsi-fungsi icon pada Symbols :
Ø Equation :
digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang
matematika.
Ø Symbol :
digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
Tab Page Layout
Tab Page Layout ini digunakan untuk mensetting halaman dari lembar kerja tersebut. Tab
Page Layout terdiri dari :
1. Themes
Fungsi-fungsi icon pada Themes :
Ø Themes : digunakan
untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
Ø Color : digunakan
untuk mengatur warna tema halaman.
Ø Fonts : digunakan
untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
Ø Effect : digunakan
untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.
2. Page Setup
Fungsi-fungsi icon pada Page Setup :
Ø Margins : digunakan
untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
Ø Orientation : digunakan
untuk mengatur posisi kertas.
Ø Size : digunakan
untuk mengatur ukuran halaman.
Ø Columns : digunakan
untuk mengatur jumlah kolom teks.
Ø Breaks : digunakan
untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
Ø Line
Numbers : digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
Ø Hypenation : digunakan
untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.
3. Page Background
Fungsi-fungsi icon pada Page Background :
Ø Watermark : digunakan
untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
Ø Page
Color : digunakan untuk mengatur warna
latar halaman.
Ø Page
Borders : digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.
4. Paragraph
Fungsi-fungsi icon pada Paragraph :
Ø Indent : digunakan
untuk mengatur batas teks.
Ø Spacing : digunakan
untuk mengatur jarak antar paragraf.
5. Arrange
Fungsi-fungsi icon pada Arrange :
Ø Position : digunakan
untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman.
Ø Wrap
text : digunakan
untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks.
Ø Bring
Forward : digunakan
untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya.
Ø Send
Backward : digunakan untuk mengirim
objek terpilih ke belakang objek lainnya.
Ø Selection
Pane : menampilkan
panel navigasi objek.
Ø Align : digunakan
untuk mengatur posisi objek lepas.
Ø Group : digunakan
untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup.
Ø Rotate : digunakan
untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih.
Tab Reference
Tab Reference terdiri dari 6 :
1. Table of Contens
Icon perintah yang terdapat pada Table of Contens terdiri dari 3 icon :
Ø Table
of Contens : digunakan untuk
pengelolaan daftar isi.
Ø Add
Text :
digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam
daftar isi yang sudah dibuat.
Ø Update
Table :
digunakan untuk memperbarui daftar isi.
2. Footnotes
Fungsi-fungsi icon pada Footnotes :
Ø Insert
Footnote : digunakan
untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman
atau footer).
Ø Insert
Endnote :
digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab.
Ø Next
Footnote :
digunakan untuk memantau footnote dan endnote.
Ø Show
Notes :
digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote.
3. Citations &
Bibliography
Citation & Bibliography digunakan untuk pengelolaan kutipan dan daftar
pustaka.
Citation & Bibliography terdiri dari 4 icon perintah :
Ø Insert
Citation : digunakan untuk menyisipkan
kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
Ø Manage
Source: digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah
disisipkan di semua segmen file dokumen.
Ø Style :
berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan.
Ø Bibliography :
digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif.
4. Captions
Captions secara umum digunakan untuk menyisipkan keterangan mengenai gambar
atau ilustrasi yang terdapat dalam dokumen. Terdiri dari 4 icon perintah :
1. Ø Insert
Caption :
digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah
disisipkan.
Ø Insert
Table of Figures : digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar
yang disisipkan ke dalam dokumen.
Ø Update
Table :
digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar.
Ø Cross-reference :
berfungsi untuk menyisipkan referensi silang.
5. Index
Index secara umum berfungsi untuk pengelolaan daftar kata yang dibahas di
buku. Group ini terdiri dari 3 icon perintah :
Ø Mark
Entry :
digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
Ø Insert
Index :
digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen.
Ø Update
Index :
digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini.
Tab Mailings
Tab Mailings terdiri dari :
1. Create
Fungsi-fungsi icon pada Create :
Ø Envelopes : untuk
membungkus kertas atau surat.
Ø Labels : untuk
memberikan label dalam penulisan surat.
2. Start Mail Merge
Fungsi-fungsi icon pada Start Mail Merge :
Ø Start
Mail
Marge : untuk
pemilihan bentuk surat yang harus di tulis.
Ø Select
Recipients : untuk
memilih tipe-tipe surat surat yang akan diterima.
Ø Edit
Recipients
List : untuk
mengedit surat yang akan diterima orang atau yang akan di kirim.
3. Write & Insert
Fields
Fungsi-fungsi icon pada Write & Insert Fields :
Ø Highlight
Merge Fields : untuk menggabungkan
surat yang diterima dan yang dikirim.
Ø Address
Block : untuk
pemilihan alamat surat.
Ø Greeting
Line : untuk
menyisipkan.
Ø Insert
Marge
Fields : untuk
menyisipkan dan menggabungkan surat.
Ø Write
& Insert Fields : untuk
menyisipkan dan menulis surat.
Ø Rules : untuk
memberikan garis dalam surat.
Ø Match
Fields : membandingkan
surat.
Ø Update
Labels : untuk
memperbaharui label surat.
4. Priview Result
Fungsi-fungsi icon pada Priview Result :
Ø Preview
Results : untuk
melihat atau mengulah surat yang sudah selesai dibuat.
Ø Find
Recipient : untuk
mendapatkan atau memeskan orang yang menerima surat.
Ø Auto
Check for Errors : untuk ngecek apa ada
kesalahan dalam surat kita.
5. Finish
Fungsi-fungsi icon pada Finish :
Ø Finish
&
Merge : untuk
menyelesaikan dan menggabungkan.
Ø Finish : untuk
menyelesaikan surat.
Tab Review
Tab Review terdiri dari :
1. Proofing
Fungsi-fungsi icon pada Proofing :
Ø Spelling
& Grammar : menjalankan pemeriksaan ejaan dan
tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen.
Ø Research : untuk
mengetahui data pengulangan.
Ø Thesaurus : untuk
mengecek ulang pembendaharaan.
Ø Word
Count : memberikan
data statistik tentang jumlah halaman, kata, karakter, paragraf, dan
baris.
2. Language
Fungsi-fungsi icon pada Language :
Ø Translate : untuk
menterjemahkan atau mentranslit data.
Ø Language : menjalankan
fasilitas penerjemah bahasa.
3. Comments
Fungsi-fungsi icon pada Comments :
Ø New
Comment : untuk
membuka lembar baru pada menyisipkan komentar.
Ø Delete : untuk
menghapus data.
Ø Previous : untuk
melihat ulang data yang lebih dahulu.
Ø Next : untuk
melanjutkan kerja.
4. Grup Tracking
Fungsi-fungsi icon pada Tracking :
Ø Track
Changes : menandai
teks yang baru diubah sisinya.
Ø Final:
Show Markup : untuk menampilkan
tanda finising atau selesai.
Ø Show
Markup : untuk
menampilkan tanda atau menandai tampilan.
Ø Reviewing
Pane : untuk
mengecek ulang tulisan.
5. Grup Changes
Fungsi-fungsi icon pada Changes :
Ø Accept : untuk
mengulang atau mengecek sapa yang menerima.
Ø Reject : untuk
mengulang atau melihat data apa yang telah di buang.
Ø Previous : untuk
melihat ulang data yang lebih dahulu.
Ø Next : untuk
melanjutkan ke hal yang berikutnya.
6. Compare
Fungsi-fungsi icon pada Compare :
Ø Compare : untuk
mengecek perbandingan atau untuk membandingkan data.
7. Protect
Fungsi-fungsi icon pada Protect :
Ø Block
Authors : untuk
pengulangan sapa yang Pemilihan penulis buku.
Ø Restrict
Editing : untuk mengedit
lah yang terbatas.
Tab view
Tab View terdiri dari :
1. Documant Views
Fungsi-fungsi icon pada Views :
Ø Print
Layout : mengubah
tampilan layar pengetikan ke bentuk print view.
Ø Full
Screen Reading : menampilkan dokumen dalam
satu layar penuh.
Ø Web
Layout : mengubah
tampilan layar dalam bentuk web view.
Ø Document
Views : menampilkan
dokumen dengan disertai peta gambar.
Ø Outline : mengubah
tampilan layar ke bentuk outline view.
Ø Draft : untuk
menulis surat perintah.
2. Show
Fungsi-fungsi icon pada Show :
Ø Ruler : menampilkan
dan menyembunyikan mistar/garis pengatur.
Ø Gridlines : untuk
menampilkan tanda garis pada lembar kerja.
Ø Navigation
Pane : untuk
mengetahui atau menjelajahi dunia tulisan.
3. Zoom
Fungsi-fungsi icon pada Zoom :
Ø Zoom : menentukan
ukuran tampilan lembar kerja pada layar.
Ø 100% : merubah
tampilan lembar kerja di windows menjadi 100%.
Ø One
Page : untuk
membuka satu halaman.
Ø Two
Page : untuk
membuka dua halaman.
Ø Page
Width : untuk
mengetahui ukuran halaman.
4. Window
Fungsi-fungsi icon pada Windows :
Ø New
Window : untuk
membuka jendela baru.
Ø Arrange
All : mengatur
letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen.
Ø Split : membagi
dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari
dokumen yang sama pada waktu bersamaan.
Ø View
Side by
Side : untuk
melihat data yang telah disembunyikan.
Ø Synchronous
Scrolling : untuk mengatur jarak
antar baris.
Ø Switch
Windows : untuk
membuat beberapa jendela.
5. Macros
Fungsi-fungsi icon pada Macros :
Ø Macros : untuk
membuat tulisan jadi tiga kolom pada satu halaman.
LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT MULTILEVEL LIST
a. Terlebih dahulu blok semua paragraf.
b. Kemudian klik Multilevel List yang ada pada grup paragraph di menu
Home.
c. Lalu klik kotak ke-6 pada List Library.
d. Setelah itu klik Define New Multilevel List.
e. Kemudian atur Enter Formating For Number (1), Number Style For This
Level (1,2,3…), Number Alignment: Left, Text Indent: 1
f. Dan yang terakhir klik OK
TEKNIK DAN PANDUAN MEMBUAT KUTIPAN DENGAN CITATION DAN DAFTAR PUSTAKA
DENGAN BIBLIOGRAFY
Catatan: Membuat kutipan akan sekaligus
menambah data untuk sumber yang akan muncul di daftar pustaka (bibliografi).
- Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik tanda panah pada Style.
- Pilih
gaya penulisan, misalnya APA atau MLA.
- Klik
pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan kutipan.
- Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik Insert Citation.
- Klik Add New Source untuk
membuka kotak dialog Create Source.
- Pada Type of source, pilih tipe
sumber. Misalnya Book, Journal Article, Web site dan sebagainya.
Perhatikan kotak isian akan berubah sesuai tipe sumber yang dipilih.
- Ketik
informasi yang diperlukan pada kotak isian. Perhatikan contoh yang muncul
di bagian bawah kotak dialog
- Pada beberapa bagian seperti Author akan
muncul tombol Edit. Klik tombol ini untuk mempermudah menulis
nama dan mengatur urutannya.
- Centang kotak Show All Bibliography
Fields untuk menambah data lain.
- Klik OK bila sudah selesai.
- Pada
dokumen sekarang sudah muncul kutipan yang dibuat. Bila Anda hanya ingin
membuat daftar sumber untuk digunakan belakangan, hapus kutipan tersebut
pada dokumen.
CARA MEMBUAT DATAR PUSTAKA DENGAN BLIBIOGRAFY
Sebelum membuat daftar pustaka (bibliografi), kita harus memiliki
sumber (kutipan) terlebih dahulu (minimal 1).
- Klik pada bagian halaman dokumen untuk membuat
daftar pustaka (bibliografi). Bila perlu gunakan Section
Break untuk membuatnya di section yang baru.
- Pada References tab, in
the Citations & Bibliography group, klik Bibliography.
- Klik pada Bibliography yang
tersedia untuk menyisipkannya pada dokumen.
- Klik
pada daftar pustaka (bibliografi) untuk memberi format yang diinginkan
(mengubah tipe dan ukuran font, warna dan sebagainya).
- Bila
ada perubahan data, klik pada daftar pustaka (bibliografi) sehingga muncul
tampilan seperti pada gambar berikut.
- Klik Update Citations and Bibliography.
MEMBUAT DAN
MEMODIFIKASI TABLE SERTA MENGGUNAKAN RUMUS SEDERHANA MS WORD 2010
Tabel adalah kumpulan dari beberapa baris dan
kolom yang membentuk kotak-kotak. tabel biasanya digunakan untuk membuat daftar
atau list dari sebuah barang atau nama. Pada tutorial microsoft word kali ini
saya akan berbagi tentang cara membuat tabel pada microsoft office word.
Membuat tabel pada microsoft word memang terbilang mudah, kita tinggal
menentukan jumlah baris dan kolom sehingga terbentuk kotak-kotak yang akan kita
isi. Untuk membuat tabel pada microsoft word ikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka program microsoft office word
2. Setelah aplikasi sudah terbuka dan sudah muncul lembar kerja microsoft
word
3. Klik Insert pada menu bar
4. Pada kolom tables klik anak panah kebawah.
5. Anda bisa memilih jumlah kolom dan baris yang diinginkan dengan
mengeklik kotak-kotak.
6. Atau anda juga bisa memilih insert table di bagian bawah kotak-kotak.
7. Pada jendela insert table tentukan number of coloum dan number of rows.
Mengatur Garis Tabel Menggunakan Tombol Border
Pengaturan dengan menggunakan tombol Border yang ada di grup Paragraph
yang ada di ribbon Home adalah yang paling sering digunakan. Secara default, garis
border tabel yang disediakan berwarna hitam (automatic). Untuk mengganti atau
menghilangkan border bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat.
1. Misalkan ingin mengelompokkan 5 buah baris/data dengan cara
menghilangkan garis datar (horizontal) yang menjadi pembatas baris
2. Kita sorot / blok terlebih dahulu sel atau baris yang akan diatur garis
border nya.
3. Kemudian klik ribbon Home lalu pada grup Paragraph klik
tombol dropdown untuk Border .
4. Dari daftar
tombol pengaturan
garis yang disediakan,
klik
tombol Inside Horizontal Border .
5. Garis pembatas antar baris yang ada akan menghilang.
Pada daftar pilihan border ada 12
tombol yang bisa digunakan :
1. Bottom border : garis pembatas /
border bagian bawah
2. Top Border : garis pembatas /
border bagian atas
3. Left Border : garis pembatas /
border bagian kiri
4. Right Border : garis pembatas /
border bagian kanan
5. No Border : tanpa garis pembatas/
border
6. All Borders : semua garis pembatas
(border)
7. Outside Borders : semua
garis pembatas / border bagian luar
8. Inside Borders : semua
garis pembatas / border bagian dalam (vertikal dan horizontal)
9. Inside Horizontal Border : semua garis
pembatas / border bagian dalam yang horizontal
10. Inside Vertical Border : semua garis pembatas /
border bagian dalam yang vertikal
11. Diagonal Down Border : garis
border diagonal yang menurun (seperti backslash)
12. Diagonal Up Border : garis
border diagonal yang menaik (seperti slash atau garis miring)
Mengatur Garis Tabel Menggunakan Draw Borders
Mengatur tabel dengan draw border merupakan alternatif yang dapat
dipakai untuk mempercantik tampilan tabel. kelebihan dari pengaturan garis
dengan draw border adalah bisa mengganti warna dan jenis garis border yang akan
digunakan. Selain itu, melalui fasilitas ini bisa melakukan perubahan secara
visual langsung pada tabel sehingga bisa langsung melihat baik buruknya
perubahan yang terjadi.
1. Pertama-tama klik pada tabel yang akan diubah. Hal ini perlu
dilakukan untuk memunculkan ribbon Design pada Table
Tools .
2. Klik tab ribbon Design.
3. Selanjutnya klik tombol dropdown pada Line Style
4. Pilih jenis garis yang akan digunakan pada tabel, misalkan pilih double
lines(garis ganda).
5. Kursor mouse akan berubah menjadi pensil ,
mulailah menggambar garis pada tabel.
6. Tarik garis dari kiri ke kanan atau klik dari kiri lalu drag ke arah
kanan lalu lepaskan. Garis tersebut akan berubah menjadi garis ganda (double).
Saat proses dilakukan, akan melihat garis yang ada pada tabel akan ditandai.
Mengatur Garis Tabel Menggunakan Kotak
Dialog Border and
Shading
Cara ini sangat efektif dan relatif cepat jika tabel yang akan kita
atur bordernya memiliki pola penggarisan tertentu, misalkan garis antar baris
berupa garis putus-putus, garis setelah kepala (header) tabel adalah garis double,
dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaan dialog Border
and shading berikut ini.
1. Pertama-tama pilih tabel yang akan di atur. Sorot / blok sel yang akan
diatur bordernya, misal untuk semua baris data (kecuali header).
2. Setelah itu klik kanan pada area yang sudah di blok tadi. Pada popup
menu yang muncul klik Border and Shading
3. Pada dialog Border and shading , pilih
tab Borders
4. Selanjutnya pada bagian Setting pilih Custom
5. Pada bagian Style pilih garis ganda (double lines)
6. Lalu pilih warna untuk garis tersebut, misalkan
warna merah (red )
7. Lalu pada bagian Preview , klik tombol untuk border
bagian atas, klik sampai muncul / menjadi garis ganda berwarna merah.
8. Selanjutnya untuk membuat garis pembatas antar baris menjadi
putus-putus, terlebih dahulu klik garis putus-putus yang ada di
bagian Style
9. Pastikan bahwa warna garis tersebut adalah Automatic atau
hitam
10. Kemudian klik tombol Horizontal bagian dalam sampai muncul garis
putus-putus
11. Setelah selesai, kik tombol OK .
12. Border tabel anda akan berubah menjadi garis ganda berwarna merah pada
border setelah kepala (header) tabel, sedangkan garis antara baris akan menjadi
garis putus-putus.
Formula pada microsoft word adalah tool yang berfungsi untuk
menyisipkan rumus pada tabel di microsoft office word. Meskipun tidak sedetail
seperti pada microsoft office excel fungsi formula pada ms word sangat membantu
pengguna dalam penghitungan yang cepat dan akurat. Formula pada ms word
biasanya disisipkan pada tabel karena memang diperuntukan untuk menghitung
seperti halnya pada ms excel. Sehingga pada saat data pada kolom tabel di rubah
maka data yang lain akan menyesuaikan dengan data yang ada.
Untuk lebih memahami penggunaan formula pada microsoft word, perhatikan
gambar dibawah ini.
Pada saat kita membuat tabel pada ms word, tentunya kita akan buat
baris dan kolom, sehingga baris dan kolom ini harus sangat diperhatikan ketika
kita akan menggunakan formula pada ms word. Karena seperti hanlnya pada
microsoft excel, membuat formula pada ms word juga akan membutuhkan kecermatan
dalam pembacaan cell pada kolom tersebut. Cell pada kolom adalah pertemuan
baris dan kolom dimana rumus formula tersebut akan disisipkan.
Untuk lebih jelasnya, ikuti contoh berikut ini untuk membuat formula
pada microsoft word.
1. Langkah pertama buat tabel pada microsoft word
2. Selanjutnya isikan data sesuai dengan pada gambar berikut.
3. Kemudian letakkan kursor pada cell dimana rumus
akan diisikan.
4. Selanjutnya klik layout pada menubar, kemudia pilih formula pada group
data.
Maka akan muncul jendela formula
6. Isikan rumus atau formula pada menu formula, seperti halnya pada
contoh diatas kita akan mengalikan antara 2 da 3. Yang harus kita
pahami adalah letak dari angka 2 dan 3. angka 2 terletak pada cell
sedangkan angka 3 terletak pada cell B2, sehingga kita akan membuat
formula ” =A2*B2 “.
7. Selanjutnya klik OK dan lihat hasilnya.
8. Untuk membuat rumus pada bagian bawahnya, yaitu perkalian antara
TUTORIAL MENGGUNAKAN FASILITAS MAIL MARGE MS WORD DALAM MEMBUAT SURAT MASAL
Fasilitas mail merge digunakan untuk
membuat dokumen atau surat yang akan didistribusikan secara masal.ada dua hal
penting yang mesti kit apahami
1. Mian Document,Merupakan dokument inti or dokument
utama yang berisi teks dan informasi lain yang tidak berubah dari surat yang
akan dibuat.Dokument inti dijadikan sebagai format dasar dari surat yang akan
di kirm.
2. Data Source,Merupakan sumber data yang digabungkan
ke main document.
Untuk membuat surat yang akan
didistribusikan secara masal dengan menggunakan fasilitas mail merge,Ikutilah
langkah-langkah berikut ini.
1. Buka file surat yang akan dijadikan main document or siapkan document
baru yang masih kosong.
2. Pada Tab klik Mailings > Start Mail Merge.
3. Kita akan membuat surat,maka kliklah Letters > Klik step by
step Mail Merge Wizard.
4. Pada bagian select starting document klik salah satu
tombol (Use the current or Start from a template) > Klik
select template > OK
5. Start from existing document,bila Anda
ingin mengambil file document yang sudah ada.
6. Sebagai contoh,Anda menggunakan pilihan Use the current
document > klik Next > Select recients yang ada d bawah Task
Pane.
7. Klik Type a new list,Bila Anda
membuat daftar nama dan alamat baru dengan paduan wizard word.
8. Anda tinggal mengisi data yang dibutuhlan lalu klik Oke
PENGENALAN MICROSOFT EXEL 2010 MENGENAL
MENU DAN FUNGSI MENU EXEL
Microsoft
Office Excel dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar
kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat
laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel
adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam
mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.
Kelebihan Ms Excel:
Microsoft
Excel mempunyai beberapa kelebihan, seperti:
1.
Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar
dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa
menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
2.
Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer
dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke
format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita
bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
3.
Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus
yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan
dokumen yang lebih canggih.
4.
Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif
karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun
data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan
me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.
Kekurangan
Ms Excel:
Selain kelebihan
diatas, ternyata Microsoft Excel mempunyai beberpa kekeurangan, Seperti:
1.
Software pengolah angka ini berbayar atau tidak
gratis.
2.
Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan
proccessor yang besar (CPU).
3.
Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian
dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus
membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang
yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk
melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
ADAPUN FUNGSI MENU PADA MS EXEL
Clipboard,
Clipboard,
digunakan
untuk menampung data sementara hasil pemotongan data atau copy. Bagian dari
clipboard adalah sebagai berikut;
§ Cut, untuk
menghapus/memotong teks.
§ Copy, untuk meduplikat
teks.
§ Format
Painter, membuat format data seperti data sebelumnya.
§ Paste,
menempelkan hasil copian data.
Font
submenu dari
font adalah sebagai berikut;
§ Increase
font size, membesarkan ukuran huruf.
§ Decrease
font size, mengecilkan ukuran huruf.
§ Bold,
menebalkan huruf.
§ Italic,
mencetak miring huruf.
§ Underline,
memberi garis bawah pada huruf.
§ Border,
memberi bingkai pada tabel.
§ Fill color,
memberi warna.
§ Font color,
memberi warna pada huruf.
§ Font, untuk
memilih jenis huruf.
Alignment
submenu
alignment terdiri dari beberapa ikon dibawah ini;
§ Top Align,
format teks rata tengah dengan posisi disebelah kiri halaman.
§ Middle
Align, format teks rata tengah dengan posisi ditengah-tengah halaman.
§ Bottom
Align, penggalan halaman.
§ Align Left,
format teks rata kiri.
§ Center,
format teks rata tengah.
§ Align Right,
format teks rata kanan.
§ Decrease
Indent, paragraf menjorok ke kiri.
§ Increase
Indent, paragraf menjorok ke kanan.
§ Merge and
Center, menggabungkan dan menengahkan teks.
Number
submenu
number terdiri dari ikon yang seperti dibawah ini;
§ General,
tombol pengaturan secara umum.
§ Curency,
format mata uang.
§ Percent,
format persen.
§ Comma,
pemberian tanda koma pada data.
§ Decrease
decimal, mengurang angka desimal.
§ Increase
decimal, menambahkan angka desimal.
Styles
submenu
styles terdiri dari beberapa ikon dibawah ini;
§ Conditional
formatting, pembuatan format yang sesuai dengan keinginan.
§ Format as
table, pembuatan tabel dengan format yang disediakan.
§ Cell style,
pembuatan penampilan sel.
Cell
submenu cell
terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;
§ Insert,
menyisipkan sel.
§ Delete,
menghapus sel.
§ Format,
pengaturan penampilan sel.
Editing
submenu
editing terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;
§ Autosum,
menghitung secara otomatis, membuat rumus.
§ Clear,
menghapus sel.
§ Sort and
filter, mengurutkan dan menyaring data.
§ Find and
select, mencari dan menseleksi data.
Tab INSERT
ini digunakan untuk memasukkan intruksi-intruksi kedalam lembar kerja seperti
pembuatan tabel, memasukkan gambar, model-model grafik, membuat link, serta
memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai
berikut;
Tables
nama dan
fungsi submenu dari tables adalah sebagai berikut;
§ Pivot table,
membuat tabel rekapitulasi dengan bentuk yang ditentukan sendiri.
§ Table,
membuat table.
Ilustrations
submenu dari
tab ini adalah sebagai berikut;
§ Picture,
menyisipkan gambar.
§ Clip art,
menyisipkan clipart.
§ Shape,
menyisipkan gambar standar dari komputer.
§ Smart Art,
menyisipkan gambar praktis.
§ Chart,
digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
§ Text,
digunakan untuk membuat text box, menyisipkan header dan footer, membuat huruf
indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.
Tab Page Layout
Tab ini digunakan untuk mengatur data, submenu dari
tab ini adalah sebagai berikut;
§ Themes,
digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak dan efek huruf.
§ Page Setup,
digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), orientasi kertas, mengatur
ukuran kertas/size, mengatur area pencetakan, mengatur penggalan halaman (page
break), memberi background pada dokumen, mencetak dan memberi judul tabel.
§ Scale to
fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris
secara otomatis.
§ Sheet
option, digunakan untuk memunculkan garis bantu serta heading dari suatu data.
§ Arrange,
digunakan untuk mengatur tata letak gambar.
Tab Formula
digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika,
fungsi teks, format keuangan, tanggal, dan waktu. Berikut ini adalah bagian
dari tab formula;
Tab Data
Digunakan untuk memasukkan data eksternal, atau
merefresh data. pada bagian Sort dan Filter, digunakan untuk mengurutkan data
dan menyaring data. Di bagian Data Tools, digunakan untuk membuat teks
berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses group dan
melepas group suatu data serta membuat subtotal.
Tab Review
Digunakan untuk mengeja kesalahan pada tata bahasa,
pemberian komentar, serta untuk keamanan data.
Tab View
Digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja,
mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor, serta pengaturan jendela
lembar kerja.
MEMPRAKTIKKAN FORMA CELL DALAM DATA
Berikut langkah langkah format cell data number:
1. Seleksi atau area range yang akan diformat
2. Klik kanan pada data atau gunakan shortcut CTRL+1
3. Pada Dialog box pilih number dengan category accounting atau Currency.
4. Decimal places jadikan menjadi “0”
5. Pilih symbol “Rp Indonesian”
2. Klik kanan pada data atau gunakan shortcut CTRL+1
3. Pada Dialog box pilih number dengan category accounting atau Currency.
4. Decimal places jadikan menjadi “0”
5. Pilih symbol “Rp Indonesian”
Untuk lebih jelasnya anda dapat lihat tampilan dibformat cell angka
Langkah diatas adalah salah satu contoh untuk format cell dengan type
accounting yang biasanya dipakai untuk data perkantoran, untuk format data
dalam tipe yang lain misal data tanggal, jam, persen dan lainya anda dapat
memilih sesuai kebututuhan.
Cara Format Cell Data
Tanggal
Ketika kita bekerja dengan data tanggal secara dafault jika regional
setting kita dalam bahasa inggris maka penulisan Formatnya adalah
Bulan/Tanggal/Tahun (7/12/2016), dengan tampilan seperti ini mungkin akan
terlihat sulit untuk melihat data tanggal tersebut, agar lebih mudah membaca
data tanggal kita dapat gunakan format cell untuk data tanggal
Langkah- langkah format data tanggal :
1. Input data tanggal pada cell E23 “10/28/2017” atau gunakan shortcut CTRL+;
2. Klik kanan pada cell, Pilih format cell atau
gunakan Shortcut CTRL+1
3. Pada Category Pilih Date
4. Pilih type format cell yang diinginkan, sebagai contoh Gunakan format
tanggal komplit dengan tampilan hari dan tanggalnya.
5. Klik OK
Cara Format Cell Data
Jam
Memformat data jam di microsoft excel dapat anda lakukan dengan cara
hampir sama dengan format data tanggal, yang berbeda hanya categorynya saja.
Berikut langkah-langkah memformat data Jam.
↿⇗
1. Input data Jam pada cell E24 “6:08” atau gunakan shortcut CTRL+SHIT+;
2. Klik kanan pada cell, Pilih format cell atau
gunakan Shortcut CTRL+1
3. Pada Category Pilih Time
4. Pilih type format cell yang diinginkan, sebagai contoh Gunakan format
jam komplit dengan tampilan detiknya.
5. Klik OK
Komentar
Posting Komentar